Ditulis Oleh:

Selamat Hari Laut Sedunia!!!

Setiap Tanggal 8 Juni kita merayakan hari laut sedunia, untuk mengingatkan masyarakat dunia betapa pentingnya laut bagi kehidupan manusia karena laut memiliki habitat terbesar di dunia!

Indonesia sebagai negara kepulauan, laut memiliki peranan yang sangat penting, ribuan pulau di Indonesia terhubung oleh satu laut. Fungsi laut menjadi sangat krusial untuk bangsa maritim seperti Indonesia.

Contohnya Ikan laut sebagai sumber makanan bergizi protein tinggi, mata pencarian masyarakat Indonesia yang mayoritasnya sebagai nelayan, sarana transportasi, ilmu pengetahuan, pariwisata dan juga laut memiliki peranan yang sangat penting dalam mengontrol iklim di bumi.

Berbagai aspek lingkungan, sosial, ekonomi, dan budaya Indonesia tidak terlepas dari ketergantungan pada kedaulatan, keberlanjutan dan kesejahteraan laut kita.

Tapi sekarang, aktivitas manusia membuat lautan mencapai proporsi krisis saat ini. Dari polusi, pencemaran, perubahan iklim dan illegal / over fishing .

Yuk! kita jaga laut kita untuk tetap sehat dan terlindungi !

Semoga kedepannya laut Indonesia terbebas dari masalah seperti pencurian ikan, penangkapan ikan berlebih, sampah plastik di laut, maupun masalah ketimpangan dalam pembangunan infrastuktur laut .

Indonesia harus tetap menjaga laut yang sehat dan berdaulat, dengan demikian masyarakat kita akan sejahtera dan berdaya!

Dibutuhkan komitmen untuk membuktikan dalam mengambil tindakan yang sama dan  memastikan masa depan untuk lautan kita yang aman, bersih dan sehat sebagai warisan yang dihadirkan untuk anak dan cucu kita.

Kami terhubung oleh satu laut karena laut kita, warisan kita , masa depan kita ! 💙
Scroll to Top