Mari Kita Syukuri, Nikmati dan Jaga Laut Indonesia!

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Letak geografisnya yang berada di garis katulistiwa, membuat kesan eksotik tersemat kepadanya. Kokoh berdiri diantara dua samudera dan dua benua, seolah menjadi penyangga baginya.

Ribuan pulau dari Sabang – Merauke terhampar dan berbaris rapi bak rajutan indah bernama Nusantara. Ditambah lagi budayanya, semakin memperkaya dan melengkapi keindahannya.

Kekayaan dan keindahan yang disuguhkan alam Indonesia memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari sejuknya udara di dataran tinggi, birunya lautan, hamparan pasir pantai, luasnya padang savana, hingga rimbunnya hutan tropis.

Ini semua merupakan anugerah dan karunia Tuhan yang luar biasa. Anugerah ini sudah sepatutanya kita jaga dan lestarikan kelangsungannya. Sebab terkadang kita terlena, hanya sibuk menikmati keindahannya hingga lupa dan abai untuk menjaganya.

Karena jika kita berbicara tentang alam ini, bukan hanya sekedar untuk kita nikmati yang kemudian kita ceritakan dan banggakan. Tapi ada hal yang sebetulnya lebih penting, yakni menjaganya sebagai bentuk rasa syukuri atas anugerah-Nya.

Dari sekian banyak keindahan alam yang dimiliki Indonesia, salah satu yang sering kita bangga-banggakan adalah indah, kaya, dan luasnya lautan Indonesia.

Ya, memang lautan kita salah satu kekayaan terbesar kita, dengan porsi 2/3 dari total luas wilayah Indonesia. Itu artinya, luatnya lebih luas dua kali lipat dibanding daratannya.

Luasnya laut ini tentu memberikan keuntungan dan kelebihan tersendiri bagi Indonesia. Karena kita tahu bahwa ekosistem laut Indonesia menyimpan kekayaan yang melimpah.

Kekayaan yang jika kita maksimalkan secara bijaksana, mampu memberikan dampak yang sangat baik bagi kemajuan bangsa dan negara. selain itu, laut Indonesia juga memiliki keindahan yang menakjubkan.

Eksotisme pantai dan pulau – pulaunya mampu memikat setiap penikmatnya. Sehingga tak heran, pamor tentang keindahnnya terdengar sampai ke negara – negara lain di dunia.

Di dalam luasnya laut Indonesia, tersimpan berjuta kekayaan yang luar biasa. Berbagai spesies ikan dan makhluk hidup lainnya. Keragaman biota bawah laut tersebut erat kaitannya dengan kondisi ekosistem bawah laut .

Kondisi laut dan terumbu karang yang bersih dan terjaga ini dapat memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi bangsa Indonesia. Bagi para nelayan, kekayaan biota bawah laut memberikan kemudahan untuk mengais rezeki dengan menagkap dan memafaatkan kekayaan laut tersebut.

Sementara itu, keuntungan bagi Negara dengan berlimpahnya hasil laut bisa meningkatkan ekspor dan menambah devisa. Kemudian untuk bangsa melimpahnya hasil laut berupa ikan dan sejenisnya membuat pasokannya berlimpah di pasaran.

Karena telah kita ketahui bersama bahwa ikan dan hasil laut lainnya memiliki kandungan protein tinggi, vitamin dan  mineral yang sangat baik bagi pemenuhan gizi bangsa Indonesia, khusunya bagi anak dan remaja.

Namun, pemanfaatan kekayaan alam bawah laut harus dilakukan secara bijak. Jangan hanya karena ikan itu baik untuk pemenuhan protein bangsa, sehingga pemanfaatannya menjadi berlebihan.

Kita harus tetap sadar terhadap keberlanjutan dan keseimbangan ekosistem alam yang dalam hal ini wilayah perairan. Di wilayah perairan laut Indoneisa, sudah ada wilayah laut yang pemanfaataanya berlebihan (over fishing), contohnya wilayah laut jawa (Pantai Utara Jawa).

Jumlah nelayan yang menangkap ikan di wilayah ini sangat banyak dibanding wilayah laut lainnya di Indonesia. Ini dikarenakan, sepanjang pesisir pantai utara jawa merupakan wilayah dengan populasi penduduk yang banyak, dan sebagian besar diantara mereka berprofesi sebagai nelayan.

Selain itu, wilayah pantai utara jawa khsusnya di sekitar teluk Jakarta telah terjadi pencemaran lingkungan yang cukup memprihatinkan. Kondisi perairannya yang sudah terkontaminasi oleh berbagai limbah menjadikan wilayah teluk Jakarta ini sudah tidak produktif lagi.

Sekalipun dilakukan penangkapan ikan di wilayah ini, ikan hasil tangkapannya diduga ada yang mengandung timbal dan logam berat lainnya sehingga berbahaya untuk dikonsumsi.

Oleh karena itu, menjaga kondisi laut supaya tetap bersih dan bebas dari berbagai kontaminan yang dapat menngurangi kualitas air laut, harus dilakukan dengan penuh kesadaran oleh segenap lapisan.

Selain itu, memelihara dan menjaga kelestarian terumbu karang juga  sebuah keharusan, supaya kekayaan bawah lautnya tetap melimpah. Karena dengan laut yang bersih dan terumbu karang yang terjaga, bisa menjamin kemajuan bagi bangsa Indonesia.

Mari Kita Syukuri, Nikmati dan Jaga Laut Indonesia!

Editor : Annisa Dian N.

Profil Penulis

Berikan tanggapan kamu untuk tulisan ini

Baca Juga Artikel Ini

Artikel

Mau Menyelamatkan Laut, tapi Bingung? Games ini Bisa Bantu Kamu!

Artikel

Lombok Pasca Gempa

Komunitas

Young Explorer 2019 #6 – Belajar Jenis Terumbu Karang dan Menyelam di Laut Banda Neira

Gagasan

Dilema dalam Memilih