Langkah untuk Melindungi Laut dengan Cinta

Ditulis Oleh:

Indonesia merupakan negara maritim, dimana lautan lebih luas daripada daratannya. Laut Indonesia memiliki sumber daya perikanan yang sangat kaya. Gugusan pulaunya memiliki keunggulan khusus yang membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan garis pantai terpanjang di dunia.

Segala kelebihan tersebut menjadikan perairan Indonesia sebagai pemilik keanekaragaman hayati tertinggi di dunia. Ekosistem dan pesisir laut menjadi salah satu sumber kekuatan dan kekayaan Indonesia .

Kita perlu sadar bahwa laut tidak hanya berbicara tentang keindahan pantai, pasir, ombak, dan senja, akan tetapi laut merupakan kekayaan dan sumber daya alam yang disuguhkan. Laut menjadi sumber mata pencaharian terbesar masyarakat pesisir .

Apabila anda ingin laut kita terjaga maka cintailah, sebab jika anda mencintai laut, maka anda akan menjaganya. Kita bisa melindungi laut tanpa ribet dan tanpa biaya yang mahal.

1. Kenali

Ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang. Jadi kita harus kenali dulu laut kita, dengan mencari info tentang keadaannya. Mulailah lakukan pendekatan dengan mempertanyakan, munculkan imajinasimu dengan berinteraksi dengan laut. Mungkin dari pertanyaan sederhana dibawah ini :

Kapan Terakhir ke Laut? Ada apa saja di dalam Laut? Apakah laut sehat? Apa kabar ekosistem yang ada di laut? Masalah apa yang yang sedang dihadapi laut?

2. Kepoin

Setelah bertanya-bertanya sampai membuatmu pusing, cobalah melakukan pencarian informasi kebenarannya. Memperoleh informasi bisa dilakukan dengan mencari artikel, berita, bisa juga lewat media sosial. Pastikan bahwa informasi tersebut benar adanya.

Dengan kepo pengetahuan-mu menjadi lebih berkembang dan luas. Setelah kamu tau hal biasanya kamu mulai tumbuh rasa ” menyukai dan mencintai”.

3. Usaha

       

Usaha disini kamu bisa melakukannya dengan membagika berita atau hal positif yang telah kamu dapat agar masyarakat luas tau. Bagikan berupa artikel, video atau aksi inspirasi yang berisi seruan atau ajakan untuk melindungi ekosistem laut melalui media sosial.

Kamu juga bisa loh mulai bergabung melakukan aksi penyuluhan atau sosialisasi kepada masyarakat yang betujuan untuk memberikan edukasi. Buatlah masayarakat Indonesia sadar akan pentingnya melindungi ekosistem laut.

4. Cintai

Setelah jatuh cinta pada laut, maka anda akan mulai mempunyai rasa memiliki dan turut menjaganya dari orang yang akan merusaknya. Anda bisa ikut menjadi bagian relawan konservasi atau beraksi bersama gerakan pecinta lautan, seperti Ocean Defender Indonesia .

     

Seperti yang kita semua sudah tahu bahwa setiap tahun Indonesia sedang dalam ancaman besar dan kita menanggung kerugian besar karena beberapa aktifas yang menimbulkan kerugian besar. Seperti penangkapan ikan dengan cara illegal, krisis iklim,  pencemaran laut akibat sampah atau tumpahan minyak.

 Kerugian itu sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat pesisir yang sangat bergantung kepada sumber daya ekosistem laut.  Mengancam hilangnya ekosistem pesisir dan laut termasuk hutan bakau, sumber daya ikan, rumput laut, dan terumbu karang.

Ekosistem laut tersebut memiliki peran yang sangat penting secara ekologi. Laut telah memberikan kita oksigen dan sumber protein pangan terbesar . Apa yang terjadi sekarang seperti menimbulkan kekhawatiran akan kestabilan hidup kita di masa depan karena laut kita sedang tidak baik baik saja.

Jadi apa aksimu untuk menjaga dan mencintai laut ?

Editor: Annisa Dian N

Scroll to Top