Trip Asik ke Curug Kembar Cilember

Sabtu pagi di awal bulan April yang ceria, saya bersama teman teman se-alumni trekking menuju Curug Kembar Cilember. Curug atau yang biasa disebut air terjun ini terletak di kawasan Cisarua, Bogor.

Menurut saya udara di sana bersih dan segar pepohonan masih lebat dan alami sesuai dengan suasana hutan kecil yang letaknya berada tidak jauh dari Jakarta.

Dari Jakarta menuju lokasi hanya dengan jarak tempuh 1 jam 30 menit, jika kita berangkat jam 5.00 pagi karena menghindari macet dan juga sistem buka-tutup lalu lintas di area Cisarua.

Perjalanan ke sana tidaklah mudah karena setelah kita berhenti di titik kumpul untuk menuju Curug Kembar harus dilalui dengan berjalan sepanjang 1,5 km atau bahasa kerennya adalah TREKKING.

Jalan yang harus di tempuh menyusuri sungai berbatu dengan arah mendaki dan sesekali melewati air yang sangat deras mengalir.

Sepanjang perjalanan tidak pernah saya temui botol plastik atau bungkus sisa snack yang berceceran, dibuat terkagum karena kebersihan ternyata sangat di jaga oleh pengunjung atau mungkin petugas kuncen Curug Kembar.

Dengan begitu keasrian sangatlah terjaga semoga demikian seterusnya. Karena setiap sudut di sana adalah keindahan, tempat yang pas buat ber-swafoto bersama teman dan keluarga.

Sabtu yang indah, perjalanan yang mengagumkan!

Editor : Annisa Dian N.

Artikel Terkait

Persaingan Nelayan Versus Perusahaan Perikanan Raksasa

Pada September 2022, laporan Greenpeace Asia Timur berjudul “Fake My Catch – the unreliable traceability in our tuna cans” menemukan bahwa kapal-kapal perikanan Taiwan yang memasok hasil tangkapan ke merek makanan laut Amerika Serikat, Bumble Bee, melalui perusahaan pengolah tuna, Fong Chun Formosa (FCF), diduga melakukan penangkapan ikan ilegal dan pelanggaran hak asasi manusia dalam rantai produksinya.

Tanggapan