Melindungi Lingkungan Hanya Dengan Gadget?

Ditulis Oleh:

Handphone menjadi alat wajib dan lumrah di kehidupan kita sekarang setiap hari. Tanpa HP kita akan menjadi mati gaya, galau, dan kadang ga enak badan. Ya itu buat sebagian orang ya…

Bahkan ngumpul bareng teman pun juga tetap aja bicara pake HP masing-masing. Tanpa kita sadari, saat ini kita diberikan banyak kemudahan berkomunikasi hanya dengan gawai dan paket data saja.

Era digital kini memaksa kita untuk hidup mudah dan serba instan hanya dengan gawai yang sehari-hari bersama kita. Berbagai  dampak positif telah dirasakan oleh kemajuan teknologi dari si gadget.

A Papuan dancer takes a selfie in front of the Rainbow Warrior ship at Manokwari port, West Papua.

Lalu, bagaimana cara kita membantu menyadarkan masyarakat agar peduli lingkungan hanya dengan gadget kita?

Simak tips berikut :

1. Selalu konsisten dengan memposting berbagai kampanye lingkungan dan informasi pendidikan lingkungan di media sosial kita setiap hari.

2. Mencari berita terbaru mengenai kerusakan lingkungan dan dampak yang diakibatkan setiap hari dan membagikannya kepada teman media sosial ataupun digroup-group whatsapp.

3. Membantu mengawasi lingkungan sekitar, jika ada kejadian yang merusak lingkungan segera laporkan kepada instansi terkait dengan bukti video atau foto yang jelas beserta kronologinya.

4. Membentuk group-group peduli lingkungan disekitar kita dengan rutin saling bersilaturahmi dan membuat kegiatan nyata terhadap kampanye lingkungan.

5. Cara lain kamu juga bisa menjadi cyber activist lingkungan di berbagai platfom website, media sosial, untuk  tujuan yang berhubungan dengan penggalangan dana, pembangunan komunitas, pelobian, dan pengorganisasian.

Climate activists display a banner at EU Brexit summit in Brussels calling on heads of government to treat the climate crisis as the emergency it is.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membantu menyadarkan masyarakat pentingnya menjaga lingkungan hanya dengan HP yang kita pegang sehari-hari.

Menjaga lingkungan dengan cara mengampanyekan pentingnya  memulai perubahan dari masing-masing individu sangatlah penting.

Bisa kita bayangkan jika kita memiliki 100 teman di media sosial yang membaca postingan kita dan mereka menyebarkan ke teman-teman mereka. Dalam sehari mungkin bisa jutaan orang yang dapat mengetahui informasi tentang lingkungan.

Semakin banyak orang tau semakin banyak kemungkingan orang untuk sadar dan bergerak bersama menuju perubahan yang lebih baik.

Mulailah dengan apa yang kita bisa, kita miliki dilingkungan kita sendiri!

Editor: Annisa Dian Ndari

Baca Juga:

Scroll to Top