Gimana Cara Nulis di LautSehat.ID?

Hai, sobat Laut Sehat! Pasti kamu udah nggak sabar ‘kan buat ngirim cerita aksi-aksi kamu dalam menjaga lingkungan di tanah airku Indonesia ini?

Ya iya, dong. Siapa sih yang nggak mau artikelnya dibaca oleh seluruh pecinta lingkungan di Indonesia? Selain kamu dapat memotivasi masyarakat untuk mencintai alam, kamu juga dapat berkesempatan untuk mengenal sesama penjaga alam Indonesia.

Yuk, ikuti step-by-step cara mengirim artikel ke LautSehat.ID berikut ini:

1. Daftar Dulu

Pastikan kamu sudah terdaftar di situs LautSehat.ID. Kalau belum, buka menu yang ada di sebelah kiri dan klik menu “Login / Register”.

Kalau kamu sudah terdaftar, silahkan skip sampai nomor 4.

2. Isi Data Dengan Lengkap

Isilah semua kolom dengan benar seperti nama dan email kamu. Pastikan sudah menggunakan email yang aktif ya. Setelah itu centang “Kebijakan Privasi” dan “Syarat & Ketentuan” yang ada di bagian bawah.

Kalau semua sudah klik “Daftar”:

3. Aktifkan Akun Kamu

Setelah mengklik tombol “Daftar” cek Inbox email kamu dan lakukan aktivasi email. Ini untuk memastikan kalau kamu adalah manusia asli, bukan robot:

4. Masuk ke Profil Kamu

Setelah berhasil aktivasi kamu akan otomatis login ke situs LautSehat.ID. Klik menu sebelah kiri dan klik menu “Profil Saya”

5. Klik "Kirim Tulisan"

Di bagian “Profil Saya” kamu akan dibawah laman profil kamu. Kamu bisa edit foto profil atau foto cover kamu, tapi itu nanti saja.

Sekarang kamu klik “Kirim Tulisan” yang ada di menu profil kamu:

6. Klik "Create Content"

Disini kamu akan melihat daftar artikel-artikel kamu terbitkan (kalau ada).

Selanjutnya klik tombol “Create Content”:

7. Mulai Menulis!

Mulailah menulis di menu ini. Isi judul artikel kamu dengan judul yang menarik, kemudian tulis artikel yang berbobot.

Editornya mirip banget dengan WordPress, jadi buat kamu yang udah biasa nge-blog, pasti tidak akan kesulitan dalam mengirim tulisan.

Kalau semua sudah beres kamu tinggal klik tombol “Kirim” yang ada di bagian bawah:

8. Menunggu Moderasi

Tidak semua artikel akan kami tayangkan seketika. Kami akan meninjau dulu isi artikel kamu dan kalau perlu mengedit sedikit seperti spasi, tanda baca, dan sebagainya supaya enak dibaca.

Jangan khawatir, proses editingnya nggak lama kok

Loading...

9. Selamat! Artikelmu Sudah Tayang!

Kalau artikel kamu sudah kami approve, maka akan langsung tayang di halaman depan LautSehat.ID.

Gimana? Gampang, ‘kan? Makanya ayo buruan nulis di komunitas LautSehat.ID dan ikutlah dalam barisan pelindung alam Indonesia.