Manfaat Terumbu Karang Secara Ekologis dsn Ekonomis

terumbu karang

Warna warni terumbu karang di dasar laut sungguh indah dipandang mata. Keelokannya memberikan kedamaian bagi banyak orang yang melihatnya. Tidak hanya indah, ternyata ekosistem terumbu karang ini mempunyai berbagai manfaat yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari kita loh. Sebelum membahas lebih jauh, Yuk kenalan dulu dengan terumbu karang.

Terumbu karang merupakan kumpulan ribuan atau jutaan hewan-hewan kecil yang disebut karang. Nah, terumbu karang ini menjadi tempat hidup, berkembangbiak, dan dan tumbuhnya berbagai jenis ikan.

Bukan hanya itu, terumbu karang juga merupakan tempat hidup bagi berbagai makhluk hidup di laut, baik itu kelomang, bintang laut, anemon, dan hewan laut lainnya.

terumbu karang
Terumbu karang Taman Nasional Komodo

Pada dasarnya manfaat terumbu karang secara ekologis terbagi dalam beberapa kategori. Yang penulis maksud dengan ekologis di sini adalah semua yang berkaitan dengan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Terumbu karang juga sangat berguna sebagai salah satu habitat serta sumber makanan bagi beranegaka ragam jenis makhluk hidup yang ada di laut. Dimana ada banyak sekali makhluk hidup yang menempati, mencari makan serta berkembang biak.

Terumbu karang ini menjadi salah satu sumber keanekaragaman hayati yang cukup tinggi. Nah itulah mengapa, terumbu karang juga dapat menjadi sumber keanekaragaman genetik. Selain itu, spesies yang ditemukan pun mempunyai ketahanan hidup yang jauh lebih tinggi.

Selanjutnya terumbu karang ini juga melindung ekosistem lain yang ada di sekelilingnya. Misalnya saja pada ekosistem fungsi hutan bakau, atau juga menjadi pelindung pantai serta daerah pesisir dari ombak besar. Terumbu karang juga berguna untuk memperkecil energi ombak yang datang menuju daratan yang menjadi penyebab abrasi atau kerusakan.

terumbu karang
Penyelam dan terumbu karang

Selain merupakan habitat dan sumber makan berbagai jenis biota laut, termasuk ikan, udang, lobster dan biota laut lainnya dengan nilai ekonomi. Terumbu karang berperan sebagai tempat bertelur, tempat tinggal, tempat berlindung, tempat mencari makan, dan tempat berkembang biak bagi biota laut.

Terumbu karang rusak menyebabkan terganggunya fungsi terumbu karang dan rantai makanan yang berdampak langsung pada produksi perikanan.

Selain perikanan, manfaat terumbu karang juga dirasakan oleh sektor pariwisata bahari. Berbagai aktivitas pariwisata bahari seperti memancing, menyelam, dan snorkeling mendatangkan turis domestik maupun mancanegara dan meningkatkan perekonomian masyarakat daerah pesisir. Dan ternyata sektor pariwisata bahari ini sangat bergantung pada manfaat terumbu karang secara ekologi.

Pemandangan indah di bawah laut seperti warna-warni terumbu karang dan kawanan ikan hanya dapat dinikmati apabila ekosistem terumbu karang dalam kondisi sehat dan terjaga.

Oleh karena itu, konsep ekonomi biru penting diterapkan untuk keberlanjutan terumbu karang dan perekonomian masyarakat pesisir. Tuhan telah menciptakan alam dengan berbagai keindahannya. Maka sudah menjadi tugas manusia untuk menjaganya bukan malah merusaknya.

Baca juga: Terumbu Karang Punah, Kita Bisa Apa! 

Editor: J. F. Sofyan

Related Articles

Responses