Perubahan dari Kantong Plastik ke Tas Reusable

Ditulis Oleh:

Aku sangat senang semenjak di berlakukannya larangan plastik di DKI Jakarta yang efektif semenjak awal Juli lalu. Kini masyarakat harus bisa merubah dengan perlahan karena pengelola pusat perbelanjaan, toko swalayan, dan pasar rakyat diwajibkan menggunakan kantong belanja ramah lingkungan .

Dari sebuah plastik kini menjadi tas hijau yang bisa dipakai ulang dan ramah lingkungan ini adalah salah satu cara pengurangan agar sampah plastik tidak berserakan dan menumpuk di tempat pembuangan sampah akhir yang mencapai ribuan ton per-hari .

Perubahan ini merupakan awal yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan lingkungan sekitar, apalagi dalam situasi pandemi yang terjadi di indonesia saat ini semakin parah karena masyarakat sering belanja secara online dan pesan makanan instant misalnya, hal ini menimbulkan lonjakan plastik sekali pakai selama pandemi .

Dengan adanya hal seperti ini akan lebih menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar, mungkin awal mula dalam melakukan tahap ini menjadi kegelisahan para masyarakat sekitar, namun perlahan demi perlahan akan mulai menjadi kebiasaan nantinya.

Semua yang kita lakukan adalah untuk menciptakan dampak lingkungan terbebas dari pencemaran sampah-sampah yang semakin berkuasa di bumi kita, dengan adanya pengurangan penggunaan plastik maka bumi akan semakin sehat untuk regenerasi kita nanti.

Perubahan demi perubahan adalah bentuk cinta kita terhadap bumi yang semakin lama semakin tua, dengan adanya program ini bumi yang rentan ini akan turut berbalik mencintai kita karena kita sudah sedikit meringankan masalah yang bumi hadapai.

Maka di anjurkan kepada masyarakat untuk saling mendukung program ini agar berjalan baik dan kedepannya kita akan menikmati sehat nya Bumi kita tercinta. Program pengurangan penggunaan plastik bukan semerta-merta kita menghilangkan pabrik plastik. Bukan, bukan seperti itu .

Namun ini adalah salah satu cara yang tepat untuk kita terbebas dari pencemaran sampah-sampah yang semakin hari semakin berkuasa di lingkungan kita, disamping itu ini adalah cara agar masyarakat terbuka tentang kesehatan di akibatkan oleh banyaknya sampah yang sulit terurai.

Banyak hal positif yang kita dapatkan dengan adanya program pengurangan sampah yang sulit terurai terutama kantong plasti ini, seperti diantaranya:

1. Udara sehat di bumi kita, tidak hanya di tanah saja, melainkan di udara dan air. Di udara bentuk pencemaran disebabkan oleh asap dari proses pembuatan plastik.

2. Lingkungan bebas dari berbagai ancaman yang melanda seperti penyakit. Timbunan sampah di tanah maupun di air menyebabkan penyakit lain yang berefek kepada manusia seperti penyakit kulit maupun alergi gatal-gatal  parahnya juga bisa terkena DBD.

3. Pengurangan dari sampah-sampah plastik yang berada di laut bisa membuat banyak biota laut terbebas dalam ancaman kepunahan karena mudah mati akibat gagal pencernaan. Manusia yang masih mengandalkan protein dari ikan juga dikhawatirkan akan memakan mikroplastik .

Mulai sekarang biasakan siap untuk membawa dari rumah tas kain yang ramah lingkunganmu dan mulailah mengurangi kantong plastik sekali pakai. Jika ini sudah tertanam di kehidupan kita sehari-hari maka kalian ikut menyelamatkan “BUMI” .

Setiap perubahan selalu ada pengorbanan, setiap pengorbanan selalu ada sebuah proses, dari proses akan ada hasil yang indah .

Terimakasih kepada seluruh pembaca semoga adanya gagasan ini membentuk kita agar dapat lebih mencintai dan memahami keadaan bumi kita yang sekarang .

Editor : Annisa Dian N

Baca Juga:

Scroll to Top