Kreasikan Kaos Lama Kamu, Ngga Pake Ribet!!!

Ditulis Oleh:

Ngga bisa dibantah lagi kalau t-shirt a.k.a kaos itu jadi outfit wajib yang pasti dimiliki semua orang. Dari balita, anak-anak, remaja, dewasa, lansia, baik laki-laki atau perempuan, pasti semuanya punya kaos. Ya kan? Iya lah, kan kaos itu outfit yang nyaman, dan pastinya aman, you’ll never go wrong by wearing a tee.

Eitss, tapi kalian sadar ngga sih kalau kaos kalian itu sebenernya terbuat dari apa? Hayo coba kalian cek lagi, ada berapa banyak kaos kalian yang terbuat dari 100% bahan katun? Pasti kalah jumlah dibandingkan bahan yang terbuat dari campuran serat kain sintetis (polyester). Iya kan? Kenapa bisa gitu ya?

Walaupun serat katun sangat nyaman digunakan, mudah menyerap keringat, dan ngga bikin gerah, tapi bahan katun itu merupakan bahan yang mudah kusut, mudah rusak, dan tentunya lebih mahal dari pada serat sintetis.

Oleh karena itu, kebanyakan produsen kaos lebih memilih untuk menggunakan kain yang dibuat dengan campuran polyester. Dan kalian tau ngga sih, sama halnya dengan plastik, serat kain polyester ini juga tidak dapat diuraikan.

Masalahnya, di Indonesia ini kita terbiasa menggunakan kaos bekas untuk kain lap. Dan biasanya kaos itu jadi sobek sana sini dan sisa noda yang ada di kaos juga sudah tidak bisa dibersihkan lagi. Kalau udah gini, mau diapain lagi? Dibuang kan? Kok nambahin masalah lingkungan aja sih!

Jadi, apa sih yang bisa kita buat dari kaos kaos bekas itu? Ternyata produk produk upcyclenya banyak loh. Contohnya Threadapeutic yang bikin tas, dan dompet dari sisa-sisa bahan tersebut. Designnya juga ngga kalah loh sama tas-tas yang dibuat dari kain baru.

31326530_536279090100979_7455070457050431488_n.jpg

Kalau liat gambar-gambar tas itu, kayaknya kalian bakal nyerah dulu ya sebelum bikin. Keliatannya emang ribet, dan harus dibuat sama pro. Jangan kecil hati dulu gengs, ada cara DIY t-shirt yang lebih mudah, dan pastinya bisa kalian praktekkan di rumah.

Kebetulan tanggal 9 Desember lalu Hana Surya sang founder dari Threadapeutic diundang nih sama Greenpeace, buat ikut meramaikan Make Smthng Week 2018.

Make Smthng Week ini merupakan festival internasional dari Greenpeace yang mengajak kita menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, atau komunitas untuk mengupcyle barang lama menjadi produk baru, ketimbang menghabiskan waktu belanja online di momen Harbolnas atau Black Friday.

_MG_8672-2.jpg

Jadi gimana sih cara bikin T-shirt bag/ T-bag ini? Simak penjelasannya ya!

Empat 4 langkah mudah kaos lama tidak terpakai bisa berguna lagi:

  1. Siapkan kaos bekas kamu yang sudah dicuci (yang sudah berlubang pun ngga masalah loh), gunting, benang, jarum, pensil, dan penggaris.

     2. Gunting kaos sesuai pola berikut:diy-three-ways-make-upcycled-market-bag-10.jpg

        3. Jahit bagian bawah kaos, dan selesai.

        4. Kalian bisa menambahkan aksen lain sesuai kreativitas kalian dengan sisa kain yang masih ada. Seperti kantong dari lengan dan lain lain. Kalau kaos kalian berlubang, kalian bisa buat lubang yang lainnya agar terlihat artistik.

Gimana gampang kan? Jadi kalau sekarang punya kaos bekas, jangan di buang dulu ya gengs! langsung saja tuangkan kreativitasmu dan kreasikan barang bekasmu!

Editor : Annisa Dian Ndari

Baca Juga:

Scroll to Top