Ketentuan Konten

Versi 1.0 (Efektif sejak 4 Februari 2017)

Tujuan

Ketentuan konten ini disusun untuk memastikan pengelola, pengunjung, pengguna dan Kontributor LautSehat.ID memiliki kesepahaman tentang jenis, moderasi, kategori, “do & do not” (yang boleh dan tidak boleh), karakteristik, kepemilikan hak cipta, dan pemanfaatan konten serta menumbuhkan semangat saling menghargai hak cipta, kebebasan kreativitas, universalitas, keragaman pemikiran, gaya dan ide dalam penyajian termasuk keunikan yang melekat pada konten itu sendiri.

 

Jenis

Jenis konten yang disajikan di LautSehat.ID dapat berupa dan kombinasi namun tidak terbatas pada: (1) artikel atau rangkaian teks cerita blog; (2) foto-foto termasuk gambar olahan seperti infografis; dan video pendek (disarankan kurang atau dengan durasi maksimum 5 menit). Komentar terhadap konten juga dianggap sebagai sebuah konten.

 

Moderasi

Semua konten akan dimoderasi oleh Tim Editorial LautSehat.ID. Setiap kontribusi konten dari Kontributor akan melalui proses peninjauan dan penyuntingan sebelum disetujui untuk dipublikasikan atau pun sesudahnya jika dipandang perlu. Tim Editorial LautSehat.ID dapat saja menghubungi Kontributor konten terkait melalui email dan telepon saat proses peninjauan dan penyuntingan, termasuk setelah konten tersebut dipublikasikan.

Peninjauan meliputi dan tidak terbatas pada aspek keunikan dan keotentikan konten teks serta memastikan kebenaran, kepatutan, kesesuaian, kepemilikan (hak cipta), sumber foto, sumber infografis dan sumber referensi yang digunakan.

Penyuntingan terhadap kontribusi konten (dalam hal ini artikel) dari Kontributor akan dilakukan sepanjang dipandang perlu tanpa mengubah gaya penyampaian, keunikan dan maksud dari bagian artikel yang disunting.

Setiap komentar terhadap konten akan dimoderasi sebelum disetujui. Tim Editorial Laut Sehat.ID berhak tidak menyetujui komentar jika dipandang tidak relevan terhadap konten terkait yang dikomentari, mengandung unsur ataupun menyinggung isu-isu Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA) yang sensitif dan diskriminatif, serta mengandung iklan komersial dan tautan (link) yang terindikasi sebagai bentuk kejahatan siber dan membahayakan keamanan berinternet para pengunjung dan pengguna LautSehat.ID.

Setiap konten yang telah dipublikasi dapat ditinjau kembali oleh Kontributor terkait dan oleh Tim Editorial LautSehat.ID untuk kebutuhan pemutakhiran informasi atau pun penyuntingan lebih lanjut jika dipandang perlu. Peninjauan kembali terhadap konten juga dapat dilakukan berdasarkan usulan dan masukan dari pengguna lainnya, terutama saat dipastikan dan terbukti kemudian telah terjadi pelanggaran hak cipta dan kekeliruan informasi pada konten tersebut.

 

Kategori

Setiap konten (dari Kontributor) yang disetujui untuk dipublikasikan pada LautSehat.ID dapat dikategorikan pada satu atau lebih dari Kategori berikut: (1) Kabar Komunitas; (2) Opini dan Gagasan; (3) Ulasan Publikasi; (4) Sosok Inspiratif; (5) Cerita Foto; dan (6) Video Komunitas. Kategori dapat berubah, bertambah dan berkembang lebih lanjut sesuai kebutuhan dan kebijakan Tim Editorial LautSehat.ID.

Do” (yang boleh dan sangat disarankan)

  1. Menulis dan berbagi cerita terkait tentang kelautan, lingkungan dan gerakan komunitas di Indonesia.
  2. Mengutamakan berbagi konten yang merupakan pengalaman lapangan, pengamatan langsung, pandangan dan karya Kontributor sendiri.
  3. Menyebutkan seluruh sumber referensi secara jelas dan dapat diverifikasi; jika ada bagian konten yang disajikan turut mengutip, menggunakan materi dari pihak lain, atau pun konten terkait tersebut (seperti misalnya infografis) menggunakan data dan terilhami dari suatu atau beberapa referensi.

“Do not” (yang tidak boleh)

  1. Konten mengandung atau pun bersumber dari informasi bohong atau pun referensi yang tidak dapat diverifikasi.
  2. Konten mengandung tautan (link) yang terindikasi sebagai bentuk kejahatan siber dan membahayakan keamanan berinternet para pengunjung dan pengguna LautSehat.ID.
  3. Konten mengandung unsur ataupun menyinggung isu-isu Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA) yang sensitif dan diskriminatif.

 

Karakteristik

Prinsipnya semua kontribusi konten sepanjang berhubungan dengan isu kelautan dan isu lingkungan lain yang terkait dapat dipertimbangkan. Kontributor konten diharapkan dapat mempertimbangkan hal-hal berikut:

  1. Artikel: disarankan 300 sampai dengan 500 kata, maksimum 900 kata. Setiap paragraf tersusun dari minimal 2 hingga 5 kalimat. Jika ada bagian dari tulisan mengutip suatu referensi, perlu disebutkan referensi dan tautannya.
  2. Foto-foto: disarankan resolusi masing-masing foto yang diunggah adalah 800 x 400 dengan ukuran maksimum sebesar 1 megabyte (mb) dan berformat *.jpg atau *.jpeg.
  3. Infografis: hasil karya sendiri atau tim atau organisasi/komunitas terkait yang diceritakan, belum pernah dipublikasikan, jelas dan bersumber pada data-data yang benar dan bisa diverifikasi.
  4. Video Pendek: hasil karya sendiri atau tim atau organisasi/komunitas terkait yang diceritakan, rentang durari minimum 30 detik hingga maksimum 5 menit. Catatan: Materi video pendek dapat ditempatkan di Youtube dan Vimeo atau dikirimkan kepada redaksi melalui fasiltas files sharing platform seperti Google Drive, Box, Dropbox, WeTransfer dan sejenisnya.

 

Kepemilikan Hak Cipta

Hak cipta terhadap seluruh dan setiap kontribusi konten terkait yang disetujui untuk dipublikasikan pada LautSehat.ID sepenuhnya dimiliki oleh Kontributor konten terkait.

 

Pemanfaatan

  1. Kontributor memberikan Hak Penyuntingan, Hak Publikasi dan Hak Reproduksi secara online, offline dan cuma-cuma kepada Tim Editorial LautSehat.ID tanpa batas waktu dan tempat terhadap keseluruhan maupun sebagian dari kontribusi konten milik Kontributor dengan tetap menyebutkan nama Kontributor secara jelas.
  2. Siapa saja dapat memanfaatkan, mencetak, menyebarluaskan secara online dan offline secara keseluruhan konten tertentu serta menggunakan dan mengutip sebagian dari setiap konten pada LautSehat.ID untuk tujuan penyadartahuan publik, non-komersial, penelitian mahasiswa, sinergi antarlembaga dan pergerakan komunitas tanpa perlu memberitahukan pengelola LautSehat.ID dan Kontributor terkait sepanjang turut menyertakan nama Kontributor dan tautan (link lengkap pada atau link yang dipersingkat oleh LautSehat.ID) dari konten tertentu tersebut secara jelas.
  3. Pemanfaatan oleh pihak lain untuk tujuan lain selain yang dijelaskan di atas harus memberitahukan pengelola LautSehat.ID atau Kontributor terkait secara langsung.

 

Pembatasan

Masing-masing kontributor sadar dan bertanggungjawab terhadap kebenaran dan kepatutan informasi yang disajikannya. Tim Editorial LautSehat.ID melepaskan dari segala tuntutan baik oleh Kontributor maupun oleh pihak ketiga lainnya jika terjadi konsekuensi atau pun persoalan hukum dari setiap konten yang disajikan oleh Kontributor.

 

Peninjauan dan Perubahan

Ketentuan Konten LautSehat.ID ini akan ditinjau secara teratur. Apabila terjadi perubahan dalam rangka pemutakhiran dan penyempurnaan kebijakan ini, setiap pengunjung dalam periode sejak hari pertama hingga 1 bulan perubahan terkini dilakukan akan mendapatkan notifikasi. Setiap pengguna terdaftar juga akan memperoleh email pemberitahuan terkait setiap perubahan Ketentuan Konten ini.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait Ketentuan Konten ini dan ingin memberikan masukan perbaikan dan perubahannya, Anda dapat mengirimkan pertanyaan dan saran di halaman ini.

Tim Editorial LautSehat.ID wajib meminta salinan bukti identitas diri Anda dan melakukan verifikasi sebelum memberikan informasi yang ditanyakan ataupun menanggapi substansi dari pertanyaan dan masukan Anda.

Scroll to Top

Mau dapetin saldo e-Wallet GRATIS?

Klik tombol dibawah ini dan ikuti survey-nya! Menangkan saldo dompet digital sebesar Rp250.000 untuk 10 orang pemenang!