Tentang LautSehat.ID

LautSehat.ID adalah portal antarkomunitas yang dikelola bersama oleh relawan Greenpeace dan komunitas sebagai media berbagi cerita dan berkampanye menyoroti isu laut dan lingkungan dalam memperkuat gerakan dan kerjasama mencari solusi dan membuat perubahan.

LautSehat.ID merupakan portal berbagi cerita tentang kelautan, lingkungan dan gerakan komunitas di Indonesia.

LautSehat.ID lahir sebagai inisiatif bersama Greenpeace dan sejumlah lembaga komunitas peserta Festival Laut yang diselenggarakan di Taman Krida Loka, Jakarta pada tanggal 9 Oktober 2016. Portal ini diluncurkan sejak 4 Februari 2017.

Kelahiran portal ini bertujuan turut menjadi pemicu dan perekat komunikasi, koordinasi dan kerjasama antar komunitas dan lintas lembaga. Kehadiran LautSehat.ID juga diharapkan ikut memperkuat sinergi berbagai kampanye dan gerakan publik di Indonesia dalam upaya perlindungan laut dan lingkungan.

LautSehat.ID tidak ditujukan untuk menjadi dan bukan lah sebuah portal media berita resmi. Portal ini lahir dan hadir untuk turut menghargai kebebasan berekspresi dan menumbuhkembangkan penyajian berbagi cerita dengan kebenaran informasi yang terverifikasi. Oleh karena itu pula LautSehat.ID tetap berkepentingan mengarusutamakan semangat dan prinsip jurnalisme warga termasuk turut memperhatikan Pedoman Pemberitaan Media Siber.

Inisiasi dan niatan utama LautSehat.ID dilandasi oleh kebutuhan bahwa kegiatan dan tujuan gerakan perlindungan laut perlu diceritakan langsung oleh warga dan penggiat sekaligus perlu mendapat dan menjadi perhatian utama pemerintah serta para pemangku kepentingan terkait.

Para inisiator LautSehat.ID pun menyadari bahwa lingkungan beserta dinamikanya adalah satu kesatuan bentuk dan hubungan antar ekosistem yang sangat dipengaruhi dan tidak terlepas dari keberadaan dan perilaku manusia sebagai elemen penting dari ekosistem-ekosistem tersebut. Oleh karena itu ruang lingkup isu dalam portal ini juga menjangkau isu-isu sosial ekonomi dan gerakan penyelamatan lingkungan terkait. Lingkup dan jangkauan isu LautSehat.ID menyemangati Visi Bersama Kelautan Indonesia 2025 yang telah dideklarasikan di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali pada tanggal 31 Mei 2013 silam.

LautSehat.ID mengutamakan penyajian cerita dan pengalaman langsung penulis (baca: Kontributor), pengembangan jurnalisme warga dan keunikan konten. LautSehat.ID dikelola dengan semangat keterbukaan, kebersamaan dan kerelawanan.

Keterbukaan ditegaskan dengan maksud bahwa portal ini didedikasikan untuk semua, bagi setiap individu yang bergabung sebagai pelanggan konten cerita ataupun terdaftar sebagai kontributor serta ingin berbagi cerita dan gagasan. Keterbukaan juga berarti Redaksi LautSehat.ID berkomitmen dan antusias menerima kritik, saran dan ide baru dalam pewartaan untuk kemajuan gerakan perlindungan laut dan lingkungan.

Kebersamaan diusung agar pengelolaan dan pengembangan portal ini berproses secara inklusif, partisipatif dan berbasis prinsip berbagi sumber daya antar individu dan komunitas. Kebersamaan digemakan agar tujuan kelahiran dan kehadiran dari portal ini selalu hidup, yaitu menjadi salah satu sarana perekat dan sinergi gerakan perlindungan laut dan gerakan lingkungan di Indonesia.

Kerelawanan dikedepankan sebagai bentuk kesukarelaan dan sumbangsih profesional dalam berkontribusi konten cerita. Seluruh konten yang dipublikasikan oleh dan pada LautSehat.ID ditujukan dan dapat dimanfaatkan untuk tujuan penyadartahuan publik serta kepentingan gerakan perlindungan laut dan lingkungan, tidak untuk tujuan komersial.

Setiap orang mewakili individu ataupun lembaga komunitas dapat bergabung menjadi Kontributor dan berbagi cerita. Seluruh kontribusi konten akan dimoderasi dan melalui proses editorial oleh Tim Editorial LautSehat.ID.

Setiap kontributor dianjurkan untuk mengunggah dan menggunakan foto hasil bidikan sendiri bila ingin digunakan sebagai bagian dalam penyajian cerita. Penggunaan foto pihak ketiga dapat dipertimbangkan sepanjang menyertakan kejelasan asal dan kepemilikan serta dipandang tidak melanggar hak cipta. Masing-masing kontributor sadar dan bertanggungjawab terhadap kebenaran dan kepatutan informasi yang disajikannya.

Slogan LautSehat.ID adalah:
(1) “Berbagi dan Bergerak”
(2) “Cerita Tentang Lautan dan Gerakan Lingkungan”

Scroll to Top

Mau dapetin saldo e-Wallet GRATIS?

Klik tombol dibawah ini dan ikuti survey-nya! Menangkan saldo dompet digital sebesar Rp250.000 untuk 10 orang pemenang!