Pesona Warisan Maritim di Prancis Barat

Ditulis Oleh:

Terbakarnya Notre Dame Cathedrale Paris 15 April 2019 menjadi duka bagi warga Prancis. Cathedral cantik ini merupakan tempat bersejarah yang menjadi rumah bagi peristiwa peristiwa penting Prancis.

Kecantikan Cathedral ini telah memikat banyak turis dunia bahkan telah menjadi set banyk film, salah satunya “Before Sunset” yang dibintangi oleh Ethan Hawke.

Selain kota Paris dengan Notre Dame-nya, banyak kota kota lain di Prancis yang memiliki keunikannya sendiri sendiri contohnya kota Bordeaux dengan produksi winenya, Kota Strasbourg dengan kawasan sejarahnya dan kota Angers dengan Chateau d’Angers-nya.

Saya kepincut kecantikamu, La Rochelle.

Terletak di Barat Prancis, La Rochelle merupakan kota pelabuhan yang memikat banyak turis dari berbagai belahan dunia (terutama turis Inggris).

Kota La Rochelle dicapai 3 Jam 12 Menit dengan menggunakan kereta cepat TGV dari kota Paris. Di kota ini, turis pasti langsung kepincut dengan keteraturan dan keindahan kota yang menghadap langsung ke samudra Atlantik.

Gambar di atas merupakan pelabuhan Port La Rochelle, satu dari 2 pelabuhan utama di kota itu yang menjadi rumah bagi kapal kapal mewah pribadi yang bersandar di La Rochelle bersama dengan pelabuhan lain bernama Port de Plaisance yang terletak tidak jauh dari Port La Rochelle.

Menjadi salah satu kota utama di Barat Prancis sejak lama, kota La Rochelle memiliki ikonnya sendiri. Di La Rochelle, terdapat 3 menara ikonik yakni Tour Saint-Nicholas, Tour de la Chaine, dan Tour de la Lanterne yang menjadi destinasi wajib saat berkunjung ke La Rochelle.

Pemandangan Tour de la Lanterne disaat matahari terbenam

Tour de la Lanterne merupakan sebuah mercusuar tertua di perairan Atlantik yang dibangun di abad pertengahan dengan fungsi utama sebagai menara pengawas keluar masuk kapal di perairan Aunis mengingat kota La Rochelle merupakan kota perdagangan besar di abad pertengahan.

Di Abad 16, Tour de la Lanterne sempat beralih fungsi menjadi penjara. Saat ini, Tour de la Lanterne menjadi warisan maritim yang wajib dikunjungi wisatawan di La Rochelle

Merupakan sebuah kota pelabuhan yang memiliki sejarahnya sendiri, sama seperti kota kota lain di Prancis, beberapa situs bersejarah di La Rochelle telah disertifikasi oleh pemerintah Prancis melalui Qualité Tourisme.

Secara garis besar, Qualité Tourisme adalah sertifikasi yang dikeluarkan oleh pemerintah Prancis guna memastikan bahwa kepuasan wisatawan dapat tercapai melalui penyampaian nilai melalui fasilitas intepretasi dan aktivitas wisata yang dapat dilakukan di objek wisata terkait.

Bisa dibilang, dengan sertifikasi Qualité Tourisme, sebuah objek wisata di Prancis mampu memenuhi kebutuhan wisatawan terutama komponen kebutuhan yang terklasifikasi sebagai kebutuhan dasar serta kebutuhan what to do, what to see, what to buy.

Keberadaan Qualité Tourisme membantu pengelola untuk menyampaikan nilai suatu warisan yang perlu disampaikan kepada wisatawan sehingga wisatawan dapat memperoleh kebutuhan informasi serta membangun rasa ikut memiliki dan cenderung membangun rasa apresiasi terhadap suatu warisan.

Suatu warisan maritim dapat menceritakan siapa kita di masa lampau dan menentukan kemana kita di masa mendatang. Maka dari itu, warisan maritim memiliki urgensi yang sama dalam hal perlindungan baik secara fisik maupun secara nilai, tidak hanya di Prancis, namun juga di seluruh dunia.

Vivre la Culture, et Vivre La France

Editor : Annisa Dian Ndari

Silakan Beri Tanggapan

Baca Juga:

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: