Mengulik Pesona Wisata Eksotis di Lampung

Ditulis Oleh:

Lampung, sebuah provinsi yang berada di Pulau Sumatera paling selatan ini memang tidak sepopuler destinasi wisata lainnya di Indonesia, tapi siapa sangka Lampung menyimpan sejuta pesona keindahan yang sebenarnya tak kalah dengan provinsi lainnya.

Lampung memiliki destinasi wisata yang lengkap, mulai dari laut, hutan, taman nasional danau dan kota  yang cukup memiliki pesona yang unik. Di artikel kali ini kita akan mengulik sebagian pesona wisata eksotis di kota Lampung.

Dalam perjalanan saya sejauh ini sudah terhitung dua kali saya mengunjungi Lampung, pertama di tahun 2014 dan terakhir di tahun 2018 saya berkesempatan kembali mengujungi Lampung.

Lampung banyak menyimpan memori indah yang mana wisata alamnya sungguh tak bisa dilupakan. Jaraknya yang cukup jauh terbayar jika kamu sudah tiba di sana.

Dari Jakarta kamu bisa memilih berbagai macam transportasi umum untuk kesana dan juga sangat terjangkau. Berikut merupakan ulasan destinasi wisata mana saja yang harus kamu kunjungi di Lampung:

1. Pelabuhan Bakauheni Lampung

Pelabuhan bakauheni merupakan gerbang atau pintu masuknya Sumatra Selatan, jika kamu naik kapal ferry dari Pelabuhan Merak maka kamu akan menikmati keindahan panorama laut di selat Jawa-Sumatra.

Terdapat beberapa pemandangan pulau kecil hingga gagahnya si anak Gunung Krakatau, sepanjang perjalanan kamera kamu dipastikan akan tetap sibuk untuk potret sana sini  dari berbagai sudut.

Pelabuhan ini cukup sibuk dan beroperasi 24 jam dan melayani penyebrangan untu bis, truk, mobil pribadi atau penumpang lintas Sumatra-Jawa.

2. Teluk Kiluan

Masih di Lampung Selatan hampir sekitar 5 jam dari pelabuhan Bakauheni kamu akan menemukan tempat di mana lumba lumba berenang bebas di laut.

Pastikan kamu berangkat pagi sekali sebelum jam 10 menggunakan perahu tradisional kecil bernama “Jukung” kamu akan di bawa muter muter diantara sekawanan lumba-lumba yang sedang bermain dan melompat indah, ini merupakan spot yang paling luar biasa di Lampung, belum lengkap perjalanan kamu kalau ke lampung tapi tidak mengunjungi Kiluan.

Tidak jauh dari Kiluan, ada pantai indah dan juga laguna cantik, kamu butuh pemandu lokal untuk kesana.

3. Pulau Pahawang

Pahawang merupakan spot menyelam atau snorkling terbaik di Lampung, Pulau ini menjadi destinasi wisata paling banyak dikunjungi di akhir pekan.

Terletak di Teluk Punduh kamu harus naik dari Dermaga Ketapang. Pantai disini sangat indah dan juga bawah lautnya tak kalah menarik, masyarakatnya bekerja sebagai nelayan dan juga bergerak di industri pariwisata semenjak pulau ini menjadi primadona di Lampung.

Jangan lupa mencicipi makanan laut hasil tangkapan nelayan setempat, di sajikan dengan di bakar lebih nikmat.

4.  Pantai Barat Krui

Siapa sangka, Lampung meiliki spot berselancar yang biasa di pakai liga para papan peselancar dunia! Terletak di  Pantai barat Lampung yang berhadapan langsung ke samudera Hindia membuat ombak di garis pantai ini sangat kencang pada musimnya.

Jika kamu bukan peselancar kamu juga bisa berenang di Pantai Tanjung Setia Krui, pantainya cukup indah hanya saja kurang terawat, cenderung kotor dan juga banyak karang yang tajam.

Selain itu, ombak besar juga menjadi alasan kenapa kamu harus tetap waspada berenang di Pantai lepas ini.

5. Danau Ranau

Terbentuk dari letusan gunung api ratusan tahun lalu membuat bentukan cekungan besar yang biasa kita sebut Danau alami, sungguh yang luar biasa cantiknya.

Kamu akan dibuat takjub dengan pemandangan luas danau, gunung yang menjulang tinggi, dan juga hamparan sawah yang membuat perpaduan ciptaan semesta yang semakin patut dikagumi.

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatra, memang belum sepopuler si nomer satu yaitu Danau Toba. Danau yang dijuluki si Permata Biru ini merupakan juga tempat mengais rezeki para nelayan setempat dengan hasil tangkapan ikan tawar, wah benar-benar luar biasa nih!

Guys, masih banyak lagi potensi pariwisata yang harus di eksplorasi di Lampung, banyak tersimpan potensi wisata dengan objek kelas dunia yang sayangnya belum diolah.

Destinasi wisata paket lengkap mulai dari wisata bahari, petualangan, taman nasional, sejarah, kuliner dan juga pusat kota yang ramai.

Semoga ke depannya Lampung menjadi destinasi wisata favorit di Indonesia, masih banyak yang harus di benahi seperti akses, fasilitas publik, kebersihan, kenyamanan dan juga keamanan di setiap tempat. Jika semua sudah di benahi tidak heran Lampung akan segera mendunia!

1 komentar untuk “Mengulik Pesona Wisata Eksotis di Lampung”

Scroll to Top