8 Destinasi Wisata Bahari Terpopuler di Indonesia

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki luas wilayah sebesar 1.905 juta kilometer persegi dengan dua pertiga luas lautan lebih besar daripada daratan. Adanya garis pantai di hampir setiap pulau di Indonesia menjadikannya sebagai negara kedua setelah Kanada yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia. 

Dengan jumlah pulau yang banyak dan garis pantai yang menakjubkan, Indonesia tentu memiliki banyak potensi wisata bahari. Tidak hanya populer di mata wisatawan domestik, beberapa objek wisata bahari berikut ini juga bahkan terkenal di mata wisatawan asing. 

  • Kepulauan Seribu, Jakarta

Destinasi wisata yang satu ini masih menjadi favorit para wisatawan Ibu Kota yang ingin melepas penat tanpa perlu jauh-jauh menyeberang pulau. Selain bisa melakukan berbagai aktivitas bahari, kamu juga bisa menjelajahi beberapa gugusan pulau untuk berwisata sejarah.

Selain gugusan pulau dengan konsep yang berbeda-beda, Kepulauan Seribu juga mempunyai taman nasional yang digunakan sebagai habitat 54 jenis karang, 144 jenis ikan, 2 jenis kima, 3 kelompok ganggang, 6 jenis rumput laut, 17 jenis burung pantai, serta menjadi tempat peneluran biawak, ular cincin emas, piton, dan penyu hijau yang merupakan satwa langka.

Photo by : Annisa Dian N
  • Nusa Penida, Bali

Pulau terbesar dari gugus kepulauan Nusa Lembongan, Nusa Ceningan, dan Nusa Penida ini dikenal karena keindahan lautnya, serta pantai yang lebih landai dan berpasir yang dikelilingi perbukitan. 

Selain menawarkan panorama yang indah dan belum banyak terjamah, pulau ini juga menyimpan pesona alam bawah laut berupa 200 spesies terumbu karang dan 500 spesies ikan di perairan dangkal sekelilingnya. Dengan kekayaan bawah laut yang dimilikinya, tidak heran kalau Nusa Penida dianggap sebagai destinasi wisata penyelaman bertaraf internasional.

  • Kepulauan Mentawai, Sumatera

Meski sering terjadi gempa di wilayah ini, Kepulauan Mentawai tetap menyimpan pesona bahari yang membuat banyak wisatawan memasukkannya ke bucket list destinasi liburan mereka. Selain kebudayaan masyarakat lokal yang masih terjaga, kamu juga akan menemukan banyak pantai eksotis di wilayah ini.

Karena lokasinya yang langsung menghadap Samudera Hindia, pantai-pantai di kawasan ini juga dikenal memiliki ombak terbaik di dunia sehingga banyak turis datang untuk berselancar.

  • Kepulauan Bangka Belitung

Kepulauan ini memiliki dua pulau besar, yaitu Bangka dan Belitung. Selain memiliki banyak pantai dengan panorama dan keindahan laut yang menyenangkan, kepulauan ini juga memiliki Taman Keanekaragaman Hayati yang dibangun untuk melindungi sumber daya hayati setempat, khususnya kawasan Pohon Merah Pelawan atau dikenal juga dengan nama Hutan Pelawan.

Kawasan ini ditetapkan sebagai taman dengan tiga fungsi prioritas, yaitu ekowisata, pendidikan, dan penelitian. Jadi, selain bisa berwisata bahari, kamu juga bisa melakukan penelitian di wilayah ini.

  • Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Kawasan Taman Nasional Wakatobi merupakan salah satu dari 50 taman nasional di Indonesia yang ditetapkan pada 2002. Dengan area seluas 1,39 juta hektar, para pengunjung Wakatobi bisa melihat keindahan alam bawah laut yang menyimpan 25 gugusan terumbu karang, sekitar 93 jenis spesies ikan, serta beberapa jenis burung laut dan penyu.

Berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di sini antara lain adalah menyelam, snorkeling, berenang sambil melihat gugusan terumbu karang yang indah, dan melihat kebudayaan masyarakat di dalamnya.

Photo by : Annisa Dian N
  • Kepulauan Banda, Maluku Tengah

Kepulauan yang terdiri atas pulau besar dan kecil ini memiliki potensi wisata bahari yang cukup kaya, mulai dari wisata selam, sejarah, sampai budaya masyarakat pesisirnya. Kepulauan ini memiliki lebih dari 300 spesies karang, 25 titik penyelaman, dan beberapa gua di pulau-pulaunya.

Selain itu, pulau ini juga terkenal dengan ikan cakalang dan kerang mutiaranya sehingga kamu tidak hanya bisa menikmati keindahan alam lautnya, tapi juga hasil lautnya.

  • Kepulauan Padaido, Papua

Berkunjung ke Kepulauan Padaido menjadi impian banyak wisatawan karena wilayah ini masih tergolong sepi sehingga pesonanya pun masih sangat asri. Selain menikmati keindahan pantainya, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain seperti memancing atau melihat lumba-lumba yang bermigrasi di kepulauan ini.

Ragam biota laut yang bisa kamu temukan di sini antara lain adalah 155 spesies ikan, termasuk hiu karang dan gurita, 48 spesies pohon, 26 spesies burung, 14 spesies reptil, dan 7 spesies mamalia.

  • Kepulauan Rote, Nusa Tenggara Timur

Dikenal dengan nama Kepulauan Roti, kepulauan ini terdiri atas puluhan pulau dengan enam pulau berpenghuni yang masih memegang kebudayaan lokal. Pantai-pantai di wilayah ini juga menjadi destinasi favorit para peselancar karena ombaknya yang pecah dan bergulung.

Selain dikenal karena keindahan alam lautnya, Kepulauan Rote juga dikenal akan seni musik sasando, porselen China, dan kebudayaan lontarnya.

Dari delapan destinasi wisata bahari tersebut, mana yang paling ingin kamu kunjungi? Saat berkunjung nanti, pastikan kamu tetap menjaga keindahan alam di sana dengan tidak merusak semua fasilitas yang ada dan tidak membuang sampah sembarangan, ya. Selamat berwisata bahari!

Related Articles

Responses