Objek Wisata Eksotis dan Mempesona di Pulau Morotai, Maluku Utara

Hallo Sobat Laut Sehat!

Apa kabar ? Semoga kita semua dalam keadaan baik-baik aja yaa

Disini saya akan memberikan informasi tentang Objek Wisata yang Eksotis dan Mempesona di Pulau Morotai, Maluku Utara. Semoga informasi yang saya berikan ini bermanfaat dan membantu buat kalian yang ingin berliburan.

Pulau Morotai

Potensi wisata Indonesia tak hanya berpusat di Pulau Jawa atau Bali, karena ternyata dibelahan Utara Tanah Air terdapat kecantikan alamnya yang tidak kalah mempesona tepatnya di Pulau Morotai, Maluku Utara.

Pulau Morotai merupakan pulau paling utara Republik Indonesia terkenal atas keindahan lautnya. Karena keindahan pantai dan kehidupan bawah laut yang dimiliki Pulau Morotai, setiap tahun di Pulau Morotai diselenggarakan event menarik yang ditunggu-tunggu baik wisatawan lokal maupun mancanegara yaitu event “Sail Morotai”.

Pulau Morotai terletak di Provinsi Maluku Utara, tepatnya di sebelah utara Pulau Halmahera. Luas Pulau Morotai hanya 1.800 km2, tapi memiliki potensi wisata yang sangat memukau. Mulai dari keindahan bawah laut, pesona kepulauan dan sejarah perang dunia II.

Objek Wisata yang Menarik  Di Sekitar Pulau Morotai

  1. Wisata Air Kaca

Wisata Air Kaca

Air Kaca pada masa perang Dunia II merupakan sumber mata air yang vital bagi pasukan AS. Mata air ini juga sering digunakan Jenderal Mac Arthur mandi ditempat ini, dia dapat melihat ramalan dalam berperang nanti. Wisata Air Kaca adalah salah satu objek wisata yang dapat anda temukan di Kab. Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.

Air Kaca sebenarnya merupakan sungai bawah tanah yang muncul dipermukaan tanah. Disebut Air Kaca karena mata airnya sangat bening, bila sebuah jarum dijatuhkan maka kita bisa melihat jarum tersebut didalam air.

2. Pulau Dodola

Pulau Dodola, Pulau Terindah di morotai Maluku Utara - Backpacker Jakarta

Pulau Dodola adalah pulau yang wajib Anda kunjungi saat di Morotai. Pulau ini sangat mempesona hingga Pemerintah daerah setempat menyebutkan Pulau Dodola sebagai mutiara di bibir pasifik. Pulau Dodola merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.

Pulau Dododla terdapat Dodola Besar dan Dodola Kecil yang jaraknya sekitar 500 meter. Keunikannya Dodola besar dan Dodola kecil menyatu saat air pasang dan terpisah saat air surut. Waktu rentang air surut dilokasi ini cukup lama, yakni antara pukul 10.30 hingga 19.00 waktu setempat.

Setiap wisatawan yang berkunjung pasti terpesona dengan keindahan Pulau Dodola. Hamparan pasir putih yang halus dari Pulau Dodola Besar yang menyambung ke Pulau Dodola Kecil, air laut bagaikan kristal, desiran ombak kecil, dan langit yang biru membuat pulau ini semakin romantis bagi pengunjung yang membawa pasangannya.

3. Tanjung Gorango

https://wonderful.pulaumorotaikab.go.id/gambar/wisata/wisata-tanjung-gorango-11-l.jpg

Tanjung Gorango yang berada di antara Desa Gorua dan Korago (Kecamatan Morotai Utara) akan membuat Anda berdecak kagum dengan keindahannya. Landscape Tanjung Gorango, laut yang biru, dan hamparan pasir putih akan membuat Anda betah untuk berlama- lama menikmati keindahannya.

4. Pulau Kolorai

Pulau Kolorai, Keindahan Ujung Timur Indonesia yang Sembunyi di Maluku

Pulau ini dikenal sebagai salah satu tempat desa wisata. Di pulau ini Anda dapat melihat kegiatan masyarakat setempat dan mengenal kehidupan mereka. Selain itu, di pulau ini terdapat pantai yang cukup indah, dari Pulau ini Anda bisa melihat langsung Pulau Dodola.

5. Museum Perang Dunia II

https://wonderful.pulaumorotaikab.go.id/gambar/wisata/wisata-museum-perang-dunia-ii-5-l.jpg

Kedua museum ini dapat Anda temukan di Kota Daruba. Museum Perang Dunia II banyak dikunjungi oleh turis bahkan beberapa turis Amerika dan Australia mencari jejak leluhurnya disini dan ada yang menemukan beberapa peninggalan di museum tersebut adalah milik keluarganya.

6. Pulau Kokoya

Mutiara di Morotai ini Bernama Pulau Kokoya - Backpacker Jakarta

Saat Anda melakukan Island Hoping, singgahlah ke Pulau Kokoya karena di pulau ini Anda dapat menikmati panorama pantai pasir putih yang begitu indah. Pulau ini tidak berpenghuni. Dan cukup dekat dengan Kota Daruba yakni hanya sekitar 30 menit dengan menggunakan speedboat.

7. Air Terjun Bunga Kokota

Air Terjun Bunga Kokota

Air terjun ini berada di desa Mira yang terletak di lereng Gunung Bakulu bagian timur Pulau Morotai. Air terjun ini memiliki keindahan tersendiri, terdapat beberapa titik air terjun di lokasi ini, ada yang sekitar 4 meter hingga ketinggian yang mencapai sekitar 25 meter, salah satu titik air terjun memiliki gua dengan kedalaman mencapai 4 meter.

8. Landasan Pitu

https://wonderful.pulaumorotaikab.go.id/gambar/wisata/wisata-landasan-pitu-10-l.jpg

Landasan Pitu peninggalan Tentara Jepang yang dibangun pada tanggal 17 Oktober 1944. Terdapat 7 landasan terbang di tempat ini, namun salah satunya telah dioperasionalkan sebagai Bandara Udara Pitu Pulau Morotai. Landasan Pitu berada di Wawama yang berdekatan dengan Kota Daruba.

9. Pulau Tabailenge

Pulau Tabailenge, Surga Kecil di Timur Morotai - GenPI.co

Pulau Tabailengi yang sering disebut juga Pulau Tabailenge berada di dekat Desa Bere Bere bagian timur Pulau Morotai. Dari Desa Bere Bere ke Pulau tersebut hanya membutuhkan sekitar 15 menit, Anda dapat menyewa kapal penduduk kesana. Pulau ini di penuh dengan hamparan pasir putih di pesisir pantai yang membuat Anda betah berlama-lama disana dan bermain air. 

10. Army Dock dan Navy Base

https://wonderful.pulaumorotaikab.go.id/gambar/wisata/wisata-army-dock-dan-navy-base-4-l.jpg

Army Dock & Navy Base bekas peninggalan Perang Dunia II dapat anda temukan di Desa Pandanga yang merupakan markas militer Angkatan Darat dan Angkatan Laut sekutu dalam perang Pasifik di Morota .

11. Pantai Rorasa

Pantai Rorasa Morotai : Salah Satu Pantai Terbaik dan Populer di Pulau  Morotai, Maluku Utara

Pantai Rorasa juga memiliki keindahan landscape tersendiri. Anda dapat melihat ada sebuah batu karang cukup besar yang letaknya sangat dekat dengan bibir pantai. Pantai ini ada di sekitar Desa Buho Buho, Pulau Morotai. 

Aktivitas Wisata Di Pulau Morotai :

1. Serunya Berselancar di Tanjung Sopi

Tanjung Sopi : Tempat Surfing (Berselancar) Terbaik di Pulau Morotai,  Maluku Utara

Tanjung Sopi kini sangat populer di dunia surfing. Banyak turis mancanegara yang sengaja datang ke desa Sopi di bagian paling utara Pulau Morotai untuk latihan berselancar dan banyak diantara mereka juga menginap di rumah warga karena belum tersedia penginapan .

2. Diving Explore Laut Morotai

https://wonderful.pulaumorotaikab.go.id/gambar/aktifitas/aktifitas-diving-explore-laut-morotai-5-l.jpg

Diving Spot di Pulau Morotai mencapai 28 titik dan mungkin saja lebih dari itu. Di perairan Morotai bukan hanya terdapat beragam terumbu karang yang indah dengan berbagai jenis ikan berwarna- warni.

3. Menikmati Sunset di Morotai

https://wonderful.pulaumorotaikab.go.id/gambar/aktifitas/aktifitas-menikmati-sunset-di-morotai-3-l.jpg

Orang Indonesia yang lahir tahun 1950 dan 1960-an relatif hanya sekali mendengar Morotai, yaitu ketika penduduk salah satu pulau itu menangkap Teruo Nakamura — prajurit Jepang yang menolak menyerah kepada sekutu dan bertahan hidup selama 30 tahun di dalam hutan.

4. Mengayuh Perahu di Birunya Laut Morotai

https://wonderful.pulaumorotaikab.go.id/gambar/aktifitas/aktifitas-mengayuh-perahu-di-birunya-laut-morotai-4-l.jpg

Perkampungan Moro juga terdapat di Tanjung Bisoa sampai Cawa, dekat kota Tobelo saat ini. Pulau Rau, yang lebih kecil, juga memiliki 29 permukiman Moro sampai tahun 1608.

5. Main Pasir Di Pulau Dodola

https://wonderful.pulaumorotaikab.go.id/gambar/aktifitas/aktifitas-main-pasir-di-pulau-dodola-1-l.jpg

Waktu tempuh dari pusat kota sekitar 30 menit. Alat transportasi speedboat,perahu kayu. Lokasi di Kecamatan Morotai Selatan. Pulau Dodola merupakan salah satu alasan mengapa para wisatawan datang berkunjung ke Morotai. Pulau ini dikelilingi oleh hamparan pantai pasir putih yang halus, luasan pasir putih yang menghubungkan Pulau Dodola Besar dan Dodola Kecil.

6. Berfoto Selfie Berlatar Pulau Dodola

https://wonderful.pulaumorotaikab.go.id/gambar/aktifitas/aktifitas-berfoto-selfie-berlatar-pulau-dodola-2-l.jpg

Waktu tempuh dari pusat kota sekitar 30 menit. Alat transportasi speedboat,perahu kayu. Lokasi di Kecamatan Morotai Selatan. Pulau Dodola merupakan salah satu alasan mengapa para wisatawan datang berkunjung ke Morotai. Pulau ini dikelilingi hamparan pasir putih yang halus, luasan pasir putih yang menghubungkan Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil.

  • Budaya dan permainan yang dapat kita lihat saat kita berada di Pulau Morotai

1. Tari Tide Tide

Tari tide tide merupakan tarian khas daerah Halmahera Utara yang biasanya dipentaskan atau ditarikan pada acara tertentu seperti pada pesta perkawinan adat dan juga pesta rakyat adat daerah Halmahera. Gerakan dan lekukan pada tarian Tidetide mempunyai makna tertentu yang bisa diartikan sebagai bahasa pergaulan yang akrab sehingga Tidetide juga dikenal sebagai tari pergaulan. Tarian ini bisanya dibawakan oleh kelompok penari pria dan wanita yang berjumlah 12 orang sambil diiringi tabuhan tifa, gong dan biola tentu tarian adat ini sangat digemnari dan disukai oleh warga didaerah Halmahera terutama Ternate. tarian Tide-Tide yang berasal dari daerah ternate dan tarian tersebut mempunyai ciri khas adat seatoran Maluku kieraha sehingga tarian ini di pakai dalam upacara perkawinan maupun acara hajatan dan lain-lain.

Tarian ini juga dapat diartikan sebagai kesuburan alam semesta serta motif-motif mistik. sebagai tarian adat tide-tide merupakan bentuk tarian tradisional yang sudah sangat kuno. Tarian ini aslinya tidak bersifat liris, ditarikan secara duet oleh penari putera- puteri dalam 2 sampai 6 pasangan. Tarian Tide Tide memang merupakan tari peningalan nenek moyang didaerh Halmahera meskipun tarian ini sangat kuno tp tarian ini tetap menjadi bagian dari masyarakat Halmahera yang sampai sekarang masih tetap dilaksanakan.

2. Permainan Anak Pek Pek

Permainan ini menggunakan batok kelapa sebagai alatnya. Permainan dimulau dengan membuat sebuah garis di tanah sebagai garis start. Selanjutnya 2 orang pemain melempar batok kelapa dibelakang garis start untuk menentukan finishnya. Kedua orang tersebut harus berlomba menuju garis finish dan kembali ke garis start dengan membawa batok kelapa. Cara membawanya berbeda- beda di setiap level, antara lain, dengan menggunakan kaki, dengan menutup mata, dan lainnya.

  • Akomoditas di Pulau Morotai
  1. D’Aloha Resort

D’Aloha Resort dibangun oleh PT Jababeka sehingga dikenal masyarakat setempat dengan nama Jababeka Resort.Resort ini berada di Tanjung Dehegila, Pulau Morotai. Lokasi resort ini sangat strategis karena berada di pinggir pantai dan merupakan salah satu lokasi terbaik untuk menikmati keindahan sunset. Di resort ini terdiri dari Vila VIP dengan kapasitas 2 kamar maupun 1 kamar. Saat ini terdapat sekitar 25 unit cottage. Terdapat restoran juga di resort ini yang mampu menampung 300 orang dengan sajian menu baik khas lokal maupun internasional. Setiap kamar memiliki fasilitas AC, TV, dengan shower air panas. Bisa dikatakan resort ini adalah penginapan terbaik di Pulau Morotai saat ini. Alamat resort ini: Jln. Tanjung Dehegila, Desa Juanga, Kecamatan Morotai Selatan. Resort ini sangat dekat dengan Kota Daruba

2. Pacific Inn

Pacific Inn adalah salah satu penginapan favorit di Pulau Morotai. Harga yang terjangkau dengan fasilitas memadai dilengkapi dengan AC dan TV dan cukup bersih, tak heran banyak yang menginap di penginapan ini. Penginapan ini dimiliki oleh Ibu Ita yang dikenal baik oleh masyarakat Pulau Morotai. Jarak penginapan ini dari pelabuhan Kota Daruba hanya sekitar 10 menit jika Anda menggunakan Bentor (Becak Motor). Pacific Inn menghadap laut lepas menjadi pemandangan yang bagus. Kelemahan penginapan ini adalah air, beberapa kali tidak mengalir, sehingga ada baiknya Anda selalu penuhi ember dengan air. Alamat Lengkap Jl. Morotai Selatan Morotai

3. Ria Hotel Morotai

Hotel Ria dengan fasilitas ruang miting dan restoran.Hptel Ria terdiri atas 12 Kamar dengan Spesifikasi Standar dan VIP full AC:

1. 9 Kamar Standar

2. Single Bed/Twin Rp. 440.000/Sudah Termasuk Pajak dan Sarapan Pagi

3. Kamar VIP:VIP Rp. 550.000/Sudah Termasuk Pajak dan Sarapan Pagi

Alamat Lengkap Jl. Masjid Jami Desa Yayasan, Morotai Selatan Morotai

  • Cara Pergi/Akses Ke Pulau Morotai

Kabupaten Pulau Morotai berada pada koordinat 2000 sampai 2040 LU dan 128015 sampai 128040 BT. Kabupaten Pulau Morotai adalah salah satu pulau terluar di Republik Indonesia, letaknya berada paling timur dari provinsi Maluku utara, berbatasan langsung dengan lautan lepas Samudra Pasifik di seblah utara dan timur. Kabupaten Pulau Morotai mempunyai luas wilayah daratan seluas 2.330,60 Km2 dan luas wilayah laut. Panjang garis pantai 311.217 Km. Jumlah pulau-pulau kecil yang terdapat di Kabupaten Pulau Morotai berjumlah 33 pulau dengan rincian pulau yang berpenghuni berjumlah 7 pulau dan yang tidak berpenghuni berjumlah 26 pulau.

Pulau morotai menjadi saksi sejarah penting dari masa ke masa, sejak masa kejayaan kerajaan Islam Maluku, perang dunia ke-2, permesta, hingga perebutan irian barat, dimana pulau itu selalu menjadi pijakan peradaban manusia. Kabupaten Pulau Morotai menyimpan pesona keindahan wisata yang luar biasa indah untuk di kunjungi. Bagi anda yang hendak mengunjungi Kabupaten Pulau Morotai kami sampaikan beberapa cara:

1. Kota Ternate – Pulau Morotai ( Langsung PP )

Dari Ternate ke Pulau Morotai, dapat menggunakan beberapa pilihan transportasi, baik transportasi laut maupun udara.Untuk ke Pulau Morotai bisa menggunakan penerbangan Wings Air setiap hari dari bandara Sultan Babullah Kota Ternate ke Bandara Pitu Pulau Morotai, berangkat jam 08.55, tiba jam 09.40(Tarif Rp. 350.000/orang) harga bisa berubah naik

Dari Pelabuhan Ahmad Yani ternate naik kapal laut KM. RATU MARIA dan KM. GEOFANI langsung ke Morotai dengan waktu tempuh satu malam (Tarif Rp 160.000), dan jika menggunakan kamar terdiri atas 2 ranjang susun (Tarif Rp. 150.000/Ranjang) dengan fasilitas bantal guling dan ac/kipas. Jadwal Pelayaran KM. RATU MARIA

  • Hari Minggu Malam jam 20.00 WIT – Tiba Hari Senin Pagi jam 07.00 WIT di Morotai
  • Hari Senin Malamnya jam 20.00 WIT menuju ke Ternate dan tiba di Ternate Hari Selasa jam 07.00
  • Hari Selasa Malam jam 20.00 WIT dari Ternate – Tiba Hari Rabu Pagi jam 07.00 WIT di Morotai, selanjutnya
  • Hari Rabu Malamnya jam 20.00 WIT menuju ke Ternate dan tiba di Ternate Hari Kamis jam 07.00
  • Hari Kamis Malam jam 20.00 WIT dari Ternate – Tiba Hari Jumat Pagi jam 07.00 WIT di Morotai
  • Hari Jumat Malamnya jam 20.00 WIT menuju ke Ternate dan tiba di Ternate
  • Hari Sabtu jam 07.00 

Jadwal KM. GEOVANI

  • Hari Rabu Malam jam 20.00 WIT – Tiba
  • Hari Kamis Pagi jam 07.00 WIT di Morotai, selanjutnya Hari Kamis Malamnya jam 20.00 WIT menuju ke Ternate dan tiba di Ternate Hari Jumat jam 07.00
  • Hari Jumat Malam jam 20.00 WIT dari Ternate – Tiba Hari Sabtu Pagi jam 07.00 WIT di Morotai
  • Hari Sabtu Malamnya jam 20.00 WIT menuju ke Ternate dan tiba di Ternate Hari Minggu jam 07.00

2. Kota Ternate – Pulau Morotai ( Via Halmahera ).

Untuk menggunakan jalur kombinasi laut dan darat memerlukan lintasan beberapa wilayah utama yakni Sofifi dan Tobelo dengan rute:Dari pelabuhan Kota Baru Ternate naik Speed Boat ke Sofifi dengan waktu tempuh 45 menit (tarif reguler Rp 50.000) sedangkan carteran (tarif Negonya Rp.500.000), atau dari Pelabuah Bastiong Ternate naik kapal ferry ke Sofifi dengan waktu 1,5 jam (tarif Rp 20.000). rute setiap hari dan jam.Selanjutnya Dari Sofifi naik angkutan Darat/Mobil umum ke Tobelo Halmahera Utara dengan waktu tempuh 4 jam (tarif Rp 90.000) sedangkan carteran (tarif Negonya Rp.500.000). setiap jam.Selanjutnya dari Pelabuhan Tobelo (Pelabuhan Speed Boat, Feri dan Pelni), naik Speed Boat ke Morotai dengan waktu tempuh 1,5 jam (tarif Rp 100.000) setiap hari dan jam atau naik kapal kayu ke Morotai dengan waktu tempuh 2,5 jam (tarif 60.000) setiap hari jam 11.00 WIT, atau naik kapal Ferry ke Morotai dengan waktu tempuh 2 jam (tarif Rp 20.000) setiap hari Senin Rabu dan Sabtu Jam 07.00 WIT.

3. Semua Penerbangan – Pulau Morotai

Dari semua penerbangan baik domestik maupun mancanegara ke Pulau Morotai bisa mengunakan angkutan udara transit bandara Samratulangi tujuan Morotai pada jam 06.40 WITA dan 11.25 WITA, maupun transit bandara Sultan Babullah Ternate jam 08.20 WIT. masih menggunakan 1 jenis pesawat yakni Wings Air.

Gimana menurut kalian teman-teman semuanya apalagi yang suka berwisata? Sungguh sangat Indah nan Mempesona kan Pulau Morotai. Yukk berlibur ke Pulau Morotai selain melihat keindahannya kita juga bisa mendapatkan ilmu-ilmu baru loh disana 🙂

Semoga bisa jadi referensi liburan sobat lautsehat ketika pandemi selesai !

Sumber Referensi

https://wonderful.pulaumorotaikab.go.id/wisata

https://www.pedomanwisata.com/wisata-bahari-pantai/pantai-pasir-putih/keindahan-pulau-morotai-tempat-beragam-objek-wisata-yang-eksotis-dan-mempesona-

Editor : Annnisa Dian Ndari

Related Articles

Responses