Hari Spesial di Balik Lebaran

Ditulis Oleh:

Halo semua!

Masih di bulan Juni dan masih di dalam suasana lebaran, aku mau mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri  bagi umat Muslim yang merayakan!

Hari raya lebaran tahun ini merupakan hari yang spesial, karena bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ( World Environment Day ) !

Hari Lingkungan Sedunia dirayakan tanggal 5 Juni setiap tahunnya, dan yang pertama kali menetapkan ini adalah PBB ( Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Hari Lingkungan Sedunia pun menjadi bagian penting bagi PBB untuk meningkatkan kesadaran dan menyemangati aksi-aksi untuk menjaga lingkungan dalam skala global.

Ditetapkan oleh Majelis Besar PBB di Stockholm, Swedia di tahun 1972 dan pertama kali diadakan di Kota Spokane, Washington, Amerika Serikat di tahun 1974 dengan tema “ Only One Earth”. Kemudian mulai dilakukan di negara-negara berbeda di tahun 1987.

Hari Lingkungan Sedunia sudah menjadi kampanye andalan untuk isu-isu lingkungan seperti : Kejahatan satwa liar, polusi laut, perubahan iklim, overpopulasi manusia, dan lain-lainnya!

Sekarang, Hari Lingkungan Sedunia sudah berubah menjadi wadah publik untuk menyuarakan dan melakukan aksi-aksi yang bisa diikuti dengan skala besar.

Bahkan sudah mempunyai partisipan 143 negara. Keren bukan? Setiap tahunnya, harus ada tema baru atau isu baru yang bisa disuarakan untuk : perusahaan besar, komunitas, pemerintahan, publik figur, institusi non pemerintahan dan pemangku kepentingan lainnya.

Tahun ini, Hari Lingkungan Sedunia diadakan di kota Hangzhou, Cina dengan tema “Beat Air Pollution”.  Polusi udara menjadi hal yang sangat serius dan berkontribusi besar dalam masalah perubahan iklim dunia.

Polusi udara telah menggangu kesehatan manusia, binatang, dan tumbuhan. Hampir seluruh makhluk hidup mengalami dampak langsung.

Polusi udara berasal dari kendaraan/transportasi, aktifitas di pabrik, pembakaran batu bara untuk energi listrik,  gas buang pabrik, kebakaran hutan semua berkontribusi membuat peningkatan rata-rata suhu bumi.

Awalnya di tahun 2011, Indonesia sempat ditetapkan untuk menjadi tuan rumah untuk Hari Lingkungan Sedunia. Namun, kurangnya persiapan dari pemerintahan menjadikan adanya perubahan negara tuan rumah ke India, dengan tema “Forests : “Nature at your Service”.

wed-2011-India.jpg
Sumber gambar : http://delhigreens.com/2011/06/02/india-to-play-the-global-host-for-world-environment-day-2011/

Jadi, kamu sudah berkontribusi apa untuk bumi ini ?

Sekian, ceritaku kali ini semoga kita bisa bertemu lagi di artikel selanjutnya ya!

Editor : Annisa Dian Ndari

Baca Juga:

Scroll to Top