Keluarga Pengelana Samudera Bernama Penyu

Ditulis Oleh:

Siapa yang tidak kenal dengan si hewan laut paling kharismatik bernama penyu?

Penyu atau disebut juga kura-kura laut. Menurut ilmuwan hewan jenis reptil ini telah ditemukan sejak akhir zaman zura. Jutaan tahun yang lalu seusia dengan dinosarus.

Mengetahui jenis penyu :

Di Dunia Ada  tujuh  jenis penyu yang tersebar  di hampir seluruh samudra. Apa saja?

  1. Penyu Belimbing

Penyu jenis ini mempunyai tubuh yang besar, panjang kurang lebih 200 cm dengan bobot berat 500 kg . Penyu belimbing mempunyai warna gelap dan bintik di semua tubuhnya. Penyu belimbing dinamakan karena cangkangnya memang mirip belimbing.

Penyu belimbing di Indonesia banyak ditemukan di Maluku dan Irian Jaya juga ditemukan di kepulauan Solomon. Penyu belimbing memakan ubur-ubur dan cumi-cumi. Penyu Belimbing betina saat ini berjumlah 2.300 menurut data WWF dan terus menurun diakibatkan masih banyaknya masyrakat memburunya.

  1. Penyu Sisik

Penyu Sisik merupakan jenis penyu yang mempunyai cangkang seperti susunan sisik dan memiliki mulut yang runcing untuk mengambil makanan yang terdapat disela-sela karang.

Penyu jenis ini dapat tumbuh mencapai ukuran 100 cm dan berat 127 kg.  Penyu sisik merupakan penyu omniovora. Akan tapi makanan utama mereka ada spons laut.

Penyu sisik juga memakan alga dan ubur-ubur. Penyu Sisik di Indonesia bisa dijumpai di Bangka Belitung, Riau, Kalimantan, Kep. Seribu serta bagian timur Indonesia.

Penyu sisik merupakan Jenis penyu yang sangat dilindungi karena rentan akan kematian. Menurut laporan WWF penyu sisik kemampuan bertahanya tidak sekuat Penyu Hijau.

  1. Penyu Hijau

Jenis penyu yang sering kita temui dengan ukuran yang bermacam dari 80 cm sampai 150 cm dan bobot berat 132 kg. Meski bernama penyu hijau tetapi warna aslinya berwarna hitam gelap atau kuning kehijauan.

Ada yang unik dari jenis penyu ini  saat masih jadi tukik  penyu hijau bisanya akan menjadi omniovora seperti memakan ubur-ubur. Ini dikarenakan untuk membantu pertumbuhan mereka.

Barulah setelah dewasa penyu hijau menjadi herbivora dan hanya akan memakan tumbuh-tumbuhan. Namun pertumbuhan ini tidak terjadi secara langsung melainkan bertahap.

Menurut data WWF 100.000 ekor penyu hijau ditangkap didaerah Indo-Australia. Dan yang menyedihkan penyu hijau ditangkap biasanya akan diawetkan dan dijadikan  cinderamata . Penyu hijau banyak ditemukan di Afrika, India, Asia Tenggara, Mediterania, hingga Pesisir Inggris

  1. Penyu Pipih

Penyu pipih mempunyai tempurung yang rendah dan lembut sesuai dengan namanya. Penyu biasanya bisa ditemukan di Indonesia , Australia, Papua  Nugini.

Sekarang hanya bisa ditemui di Australia saja. Penyu pipih memakan udang, ikan, koral, teripang dan jenis hewan lunak lainya. Tempat tinggal penyu pipih banyak rusak dikarenakan oleh pembangunan Industri.

  1. Penyu Tempayan

Penyu terbasar kedua yang bisa mempunyai ukuran lebih 90 cm  dan berat sampai 200 kg. Penyu tempayang mempunyai kepala yang kuat dan kulit berwarna kuning kecoklatkan .

Penyu yang termasuk omnivora memakan keong , kepiting, koral, udang dan binatang laut.  Penyu Tempayan dapat ditemukan disemua benua sementara di Indonesia penyu tempayan hanya bisa ditemukan di perairan dan belum ditemukan pernah bertelur  di pantai Indonesia.

Penyu tempayan juga termasuk jenis penyu yang dilindungi  karena pemburuan penyu dan telur masih banyak terjadi.

  1. Penyu Lekang

Penyu ini termasuk jenis hebivora memangsa vertebrata, ubur-ubur, uruochordata, bivalvia (kerang-kerangan), landak laut, keong, udang, kepiting, udang batu, dan cacing sipunculid.

Penyu yang dapat tumbuh antara 60 sampai 70 cm dan berat 50 kg dapat ditemukan di perairan hangat, seperti Bali, India, Mexico.

Penyu yang juga dikenal  dengan nama olive ridley sea turtle atau penyu belimbing pasifik sering tertangkap nelayan tempat tinggal mereka juga sering rusak akibat  pembangunan  di sekitar pantai.

  1. Penyu Kemp’s Ridley

Dapat tumbuh mencapai hingga 90 cm dengan berat 45 kg penyu Kemp’s  Ridley mempunyai tempurung oval berwarna kuning ke abu-abuan. Penyu jenis ini biasanya  memakan moluska crustasea, ubur-ubur, ikan, alga, dan rumput laut. 

Penyu kemp’s ridley  dapat ditemukan di perairan Atlanta. Penyu Kemp’s Ridley temasuk hewan yang terancam punah diakibatkan pencemaran minyak yang sering terjadi di laut.

Editor : Annisa Dian Ndari

Scroll to Top