Melihat Potensi Wisata Bahari Pulau Seribu

Ditulis Oleh:

Kepulauan Seribu merupakan tempat wisata favorit warga Jakarta. Tidak butuh waktu lama, 2-3 jam berangkat dari pesisir Teluk Jakarta kita sudah bisa menikmati panorama yang indah.

Potensi wisata Pulau Seribu terus berkembang dan makin diminati warga Ibukota untuk sekedar menghabiskan akhir pekan atau pelarian dari keramaian Ibukota dan segala beban pekerjaan di kantor.

Akses yang mudah, jarak yang dekat, harga terjangkau, dan pemandangan yang indah menjadi alasan Pulau Seribu untuk menjadi primadona warga Jakarta untuk berlibur.

Pemerintah Kabupaten selalu menggencarkan  promosi pariwisata Pulau Seribu, untuk meningkatan kunjungan turis lokal ataupun mancanegara. Dengan demikian pendapatan perekonomian warga akan terus stabil dan diharapkan cenderung maju.

Kepulauan Seribu cukup unik, berbagai hal menarik banyak kita temukan. Sayangnya tidak genap seribu, tapi pulau ini hanya terdiri lebih dari 300 gugusan Pulau-pulau kecil.

Tidak semua Pulau Seribu berpenghuni, ada yang tidak berpenghuni, hanya vegetasi, atau hanya pasir saja, atau malah padat penduduk dan ramai .

Perlu di ketahui juga sebagian merupakan wilayah konservasi Taman Nasional Kepulauan Seribu. Tempat tinggal bagi ratusan jenis ikan, terumbu karang, mangrove, padang lamun dan satwa langka yang dilindungi.

Terlepas dari potret buruk pulau seribu dengan segala carut-marut sampah yang mencemari lautan, infrastuktur yang belum sepenuhnya maksimal, rusaknya ekosistem laut, potensi bahari yang tidak di manfaatkan secara maksimal, sampai satwa liar endemik pulau yang terancam punah.

Berikut merupakan potrait Pulau Seribu yang membuat kamu ingin selalu kembali lagi dan lagi…

1. Pulau Dolphin

kok mirip Maldives ya ?

Gradasi warna pantai, hamparan pasir putih dan sesuai namanya. Yup! Saya menemukan sekumpulan lumba-lumba berenang bebas di sekitar pulau itu, beruntungnya!

2.  Pulau Harapan

Pulau padat penduduk paling jauh, menempuh perjalanan sekitar 4 jam dari Muara Angke. Tapi pulau ini indah, banyak mangroves dan spot snorkeling terindah di Pulau Seribu.

3. Pulau Papatheo

Salah satu tempat kemping ter asik. Pulau ini sangat bersih dan terawat. Banyak pohon memberikan kesan tenang. Pulau ini menawarkan hamparan pasir putih, siapa yang tak suka ?

4. Pulau Kelor

Pulau penuh cerita sejarah ini wajib kamu kunjungi juga, terletak di Kep. Seribu Selatan. Dahulunya, merupakan benteng yang di bangun oleh pemerintahan VOC pada abad ke-17 untuk pertahanan serangan Portugis pada masanya.

5.  Pulau Perak

Pulau Perak merupakan sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang berada di Kepulauan Seribu bagian utara . Pulau ini sangat teduh dan banyak pohon rindang. Pulau ini juga favorit untuk kemping, lihat saja pasir putihnya sangat bersih!

6. Pulau Pari

Pulau pari merupakan Pulau wisata yang perkembanganya termasuk pesat di kep. Seribu.  Selain pemandangan air yang jernih, hamparan pasir putih, pengunjung juga bisa bersepeda mengelilingi pulau.

7. Pulau Tidung

Pulau ini memiliki jembatan yang menghubungkan Pulau Tidung besar ke Pulau Tidung kecil. Jembatan ini di namakan jembatan cinta, para pengunjung terutama pasangan muda gemar swafoto disini, hehe..

Bonus Foto !

8. Pulau Bira Kecil

Vegetasi rindang sampai ke bawah pasir pohonnya!

9. Pulau Payung

Pulau ini cukup unik, terdapat mercusuar tinggi dan danau di dalam pulau!

10. Pulau  Bulat

Jernihnya air laut jadi mirip seperti kolam renang yaa..

Sudah tak terhitung berapa kali saya mengunjungi pulau seribu, tapi akan tetap mau balik lagi dan lagi! Jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan pulau ya guys!

2 komentar untuk “Melihat Potensi Wisata Bahari Pulau Seribu”

Baca Juga:

Scroll to Top