Kamu Cinta Laut? Lakukan hal kecil ini sehari-hari

Ditulis Oleh:

Mulai dari bangun tidur, makan, bekerja, dan aktivitas lainnya terkadang tanpa kita sadari kegiatan sehari-hari kita memberikan dampak positif dan negatif bagi lingkungan sekitar.

Akhir-akhir ini kita juga banyak mendengar berita mengenai lautan yang sudah tercemar oleh plastik dan sudah meracuni binatang dan ikan di laut .

Tidak kita sadari, semua itu terjadi karena kita tidak punya kapasitas pengelolaan sampah yang baik di daratan sampai akhirnya terbuang ke lautan.

Sebagai generasi muda yang cinta lingkungan kita perlu mengetahui apa aja sih kegiatan yang tanpa kita sadari berdampak negatif bagi lingkungan ?

Sampah Botol Plastik di Pulau Bokor

Minum Air Mineral di Gelas atau Botol Plastik

Tanpa kita sadari sampah dari air mineral dalam kemasan ini bisa berdampak besar, karena plastik tidak dapat diurai dilaut bebas. Bahkan dapat membunuh mahluk hidup dilautan.

Jadi beralihlah dengan botol yang dapat diisi ulang atau mintalah gelas beling jika membeli minuman. Misal diwarung kopi atau warteg yang menyediakan es teh manis.

Minum Es Teh Memakai Plastik dan Sedotan

Nah kadang di jalan kita terburu-buru dan lagi haus, lalu berhenti sebentar dan beli minum tapi ditaruh diplastik agar dapat dibawa sambil jalan.

Itu adalah hal paling sering dilakukan masyarakat, dan hal kecil itu menyumbang cukup banyak sampah plastik dan sedotan.

Saran saya sih sebaiknya mulai beralih, dan belilah minuman dengan wadah gelas kaca. Istirahatlah sebentar sambil menikmati minuman tersebut langsung dari botolnya, jangan pakai sedotan atau minta di bungkus yaa!

Beli Makanan di Bungkus Styrofoam

Nah banyak nih yang saat ini penjual makanan memakai styrofoam, mulai dari tukang bubur ayam, tukang ayam bakar, dan lainnya. Styrofoam  ini sangat berbahaya bagi lingkungan.

Padahal serpihan styrofoam ini sampahnya yang paling banyak di temukan di pesisir lautan loh guys!

Zaman dulu bungkus kertas atau daun pisang lebih bersahabat buat alam. Nah buat kalian yang mau beli makanan akan lebih baik jika membawa wadah dari rumah ya.

Pakai Plastik Waktu Belanja di Supermarket

“Mas pake plastik ga ?”

Satu pertanyaan yang sering banget ditanyain waktu kita belanja di supermarket, satu jawaban yang bisa berdampak terhadap lingkungan kita.

Kalau mau beli banyak, bawalah tas belanja sendiri yang bisa dipakai berulang kali atau bisa menggunakan kerdus bekas.

Yuk! Beralih bawa Tumbler-mu!

Nah itulah beberapa hal kecil dikehidupan kita sehari-hari yang dapat berdampak besar kepada lingkungan, dan tanpa kita sadari karena kebiasaan dari kecil kita pun sering melakukannya.

Prinsip pengurangan sampah dan plastik sekali pakai harus di tanamkan di benak kita agar terbiasa.

Yuk..mulai sekarang kita biasakan hidup sehat dan peduli sama lingkungan.

Mulailah dari hal kecil dikehidupan sehari-hari.

Editor : Annisa Dian Ndari

Baca Juga:

Scroll to Top