VIDEO PENDEK: Whale Shark (Hiu Paus) Nabire, Papua

Whale shark dalam bahasa Indonesia yaitu Hiu paus (bahasa latin: Rhincodon typus) adalah hiu pemakan plankton yang merupakan spesies ikan terbesar.

Hiu ini mengembara di samudera tropis dan lautan yang beriklim hangat, serta dapat hidup hingga berusia 70 tahun.

Spesies ini dipercaya berasal dari sekitar 60 juta tahun yang lalu. Sebagai pemakan plankton, yang memperoleh mangsanya dengan menyaring air laut.

Hiu paus memiliki mulut yang berukuran besar, hingga selebar 15 meter (49,2 ft) yang berisikan 10 lembaran penyaring dan sekitar 300 hingga 350 deret gigi kecil-kecil.

Ikan ini juga memiliki lima pasang insang berukuran besar. Dua mata yang kecil terletak di ujung depan kepalanya yang datar dan lebar.

Warna tubuh umumnya keabu-abuan dengan perut putih. Tiga gigir memanjang terdapat di masing-masing sisi tubuhnya, serta lukisan bintik-bintik dan garis kuning keputih-putihan yang membentuk pola kotak-kotak.

Pola bintik-bintik yang mengesankan sebagai taburan bintang. Kulitnya setebal 10 sentimeter (3,9 in). Sirip punggung dan sirip dada masing-masing sepasang.

Pada hiu paus muda, sirip ekornya lebih panjang yang sebelah atas, sementara pada dewasa sirip ini lebih berbentuk seperti bulan sabit.

Walaupun tubuhnya yang besar dan menyandang nama hiu, ikan ini tidaklah ganas atau jahat melainkan sebaliknya hewan ini jinak dan bisa diajak bermain bahkan menunggang di siripnya tetapi hal ini tidak dibenarkan oleh para peneliti hiu dan konservasionis.

Ikan ini juga berada di Indonesia dan lebih tepatnya berada di Nabire, Papua atau bisa kita sebut dengan Taman Nasional Teluk Cendrawasih.

Agar dapat melihat ikan ini anda bisa menempuh perjalanan melalui jalur darat atau jalur laut dengan durasi sekitar 2 hingga 3 jam untuk perjalanan laut dan darat.

Untuk dapat melihat ikan ini anda dapat mengunjungi Desa Soa atau Desa Kwatisore. Setelah sampai disana anda dapat menyewa speed boat dengan kisaran harga 1 juta untuk perjalanan pulang dan pergi dari Desa Soa.

Selain hiu paus, di sini juga terdapat Whale Shark Center yang dapat anda kunjungi. Whale Shark Center yang berada di Nabire berfungsi sebagai pusat penelitian dan pelestarian hiu paus yang ada di Indonesia.

Keren bukan? tunggu apa lagi, ayo kunjungi Nabire dan berenang serta belajar bersama Hiu Paus.

Ditulis oleh:

Bagikan:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Tanggapan