Pantai Tambak Sari, Pantai Terpencil di Probolinggo, Jawa Timur

pantai tambak sari

Pantai merupakan salah satu sumberdaya alam terbesar di Indonesia, tak heran jika tempat elok nan indah itu menjadi objek pariwisata.

Desir ombak, kicauan merdu burung-burung, serta panorama yang indah membuat mata semua orang termanjakan sekaligus mendapat ketentraman.

Salah satu pantai yang menyimpan kekayaan alam adalah Pantai Tambak Sari. Lokasinya terletak di utara Pulau Jawa, tepatnya di Dusun Pandean Desa Sukokerto Kecamatan Pajarakan, kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Pantai Tambak Sari, Probolinggo. / Foto: Junita feby

Berjarak sekitar 25 km dari pusat Kota Probolinggo. Untuk mencapai lokasi, kita akan melewati jalan desa dengan waktu sekitar 10 menit dari jalan pantura. Jalan ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Masuk ke pantai ini tidak dikenakan tiket masuk tetepi hanya membayar biaya parkir sebesar Rp. 5000 rupiah untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 rupiah untuk kendaraan roda 4.

Sebelum memasuki lokasi pantai kita akan disuguhkan dengan barisan pohon cemara yang berjer secara rapi.

Pohon cemara laut di Pantai Tambak Sari. / Foto: Google Maps

Pantai ini memiliki karakter ombak tenang khas pantai pesisir utara Pulau Jawa, selain itu pantai ini memiliki bentangan pantai yang cukup panjang sehingga cocok dinikmati pengunjung yang ingin berjalan-jalan di bibir Pantai. 

Di pantai ini, terdapat banyak jenis biota laut yang hidup. Seperti kerang, kepiting, udang, ikan dan juga rumput laut.

Banyak tumbuh bermacam jenis pohon menjulang tinggi yang memiliki bentuk indah, sehingga cocok dijadikan sarana untuk berfoto. Tanaman mangrove tumbuh subur, berjejer rapi di tepi pantai.

Mangrove di Pantai Tambak Sari. / Foto: Google Map / Jery Erwod

Saat sore hari, pantai ini juga menjadi spot yang cocok untuk menikmati matahari terbenam.

Selain menawarkan keindahan alam, Pantai Tambak Sari juga memiliki fasilitas penunjang, seperti kamar mandi umum, juga pedagang kaki lima yang menjual jajanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Namun sayangnya, lagi-lagi pantai Tambak Sari pun disusupi sampah plastik. Tidak adanya tempat sampah dan minimnya kesadaran pengunjung yang membuang sampah sembarangan telah merusak keindahan pantai.

Hanya segelintir warga sekitar yang peduli dengan kebersihan lingkungan disana dan membersikan tumpukan sampah tersebut. Seharusnya pemerintah daerah juga ikut andil untuk merawat serta melestarikan pantai tersebut.***

Baca juga: Berkelana di Pantai Sadeng , Tempat yang Menyenangkan Untuk Dibagi Kepada Anak Cucu Tercinta

Sumber: Kompasiana / Hilman Fikry

Subscribe newsletter kita yuk!

Dapatkan update konten langsung ke inbox kamu

Tanggapan