Sampah Kiriman dari Negara Tetangga juga Berlabuh di Pantai

Tuhan menciptakan kesempurnaan untuk alamnya, agar bisa dinikmati oleh mahluk ciptaannya, Indonesia kaya akan keanekaragaman budaya dan tradisi serta pemandangan alam yang sangat Indah, pemandangan yang  menyejukkan mata , entah  itu gunumg, pantai ataupun pemandangan lainnya dan bisa dimanfaatkan oleh kita untuk menjadikan sebuah objek wisata .

Salah satunya objek wisata favorit yaitu pantai, pantai merupakan objek wisata yang digemari masyarakat untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, teman ataupun keluarga tercinta.

Pantai Dungun Kabupaten Lingga Kepulauan Riau

Kepulauan Riau adalah Provinsi yang berada di Indonesia, Provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja di sebelah Utara, Malaysia dan Provinsi Kalimantan Barat di sebelah Timur, Provinsi Bangka Belitung dan Jambi di sebalah Selatan, serta  Negara Singapura, Malaysia dan Provinsi Riau di sebelah Barat.

Pemandangan Alam yang disuguhkan di Provinsi Kepulauan Riau terutama di Kabupaen Lingga tak kalah bagus dengan pemandangan Alam di luar Kepulaun Riau. Salah satunya objek wisata Pantai yang berada di Kabupaten Lingga, letaknya memang jauh dari Indonesia Kota karena itu jarang di datangi oleh wisatawan Lokal ataupun Wisatawan Luar.

Ada beberapa Pantai yang biasa dikunjungi penduduk lokal ataupun wisatawan luar yaitu “Pantai Pasir Panjang dan Pantai Dungun”. Letak kedua pantai ini tentu saja  berlawanan arah. Untuk menikmati sesuatu yang indah itu membutuhkan perjuangan dan memakan waktu tetapi tetap hasilnya kita akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah serta penghuni binatang tepian laut atau di dalam pasir putih pantai.

lokam kerang laut

Objek Wisata Pantai Dungun yang berada di Desa Belungkur  Kecamatan Lingga Utara  kabupaten Lingga tepatnya di Sebelah Utara Provinsi Kepulauan Riau  adalah pantai yang menyuguhkan keindahan Alamnya tersendiri. Dengan pasir putih yang halus dan beberapa batuan kecil yang  mengelilingi tepian bibir Pantai Dungun, sungguh membuat mata semakin sejuk  memandang.

“Objek Wisata” tentu saja dari kata Objek Wisata kita sudah tau bagaimana dengan keadaan suatu Objek yang kita datangi itu  tidak akan luput dari sampah, beruntungnya objek Wisata Pantai Dungun ini jarak tempuhnya memakan waktu sehingga jarang Wisatawan Lokal dan Wisatawan Luar yang mengujungi dan menyubangkan sampah.

“80% Sampah yang ada di Lautan Berasal dari Daratan “-Greenpeace Indonesia””.

Ahhh….. Pantai memang indah, tapi soal sampah masih menjadi masalah kita bersama sejak dari dulu hingga sekarang. Tak sedikit sampah yang singgah di bibir pantai dungun kabupaten Lingga Kepulauan Riau ditambah lagi banyaknya sampah kiriman hadiah dari Negara tetangga yang ikut menepi terbawa .

 Sampah Botol kemasan Plastik sumbangan dari negara tetangga

Ombak pasang air laut, contoh botol kemasan plastik ini.. Lantas kita harus bagaimana?

Yaaaa………..tentu Semua elemen masyarakat harus bekerja sama dalam menanggulanggi sampah yang menjadi masalah kita bersama dan hal ringan itu bisa dimulai dari diri kita sendiri  yaitu mengurangi / mengurangi produksi pemakaian yang  menimbulkan sampah terlebih lagi sulit untuk di daur ulang.

Semoga kita semua mensyukuri semua nikmat ciptaan Tuhan dengan cara menjaga alamnya.

Editor : Annisa Dian Ndari

Related Articles

Responses