Banda Neira Menjadi Pulau Syurga di Timur Indonesia

Banda Neira, meski tak banyak orang tahu pesona indah pulau ini sudah terkenal di berbagai penjuru dunia. Pulau ini terletak di Kepulauan Banda dan menjadi destinasi wisata tertua di Indonesia.

Indonesia, wilayah yang ditaburi pulau-pulau. tak hanya Bali atau Raja Ampat, Pulau Naera tak kalah menunjukan pesona indahnya. Pulau Naera menjadi pusat administrasi Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku tengah. 

Sebagai syurga di Timur Indonesia, Pulau Neira atau sering disebut Banda Neira memilki keindahan yang masih terjaga hingga saat ini. Laut berkuliau yang mengelilingi setiap sudut Banda Neira, juga terumbu karang yang menghiasi isi lautan, hal inilah yang menjadikan Banda Neira menjadi tempat menyelam atau diving yang diakui secara internasional. 

Ada berapa destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan saat ke Banda Neira, apa aja sih? yuk kita lihat satu persatu

1. Pulau Syahrir

Pulau yang bisa juga disebut dengan pulau pisang ini bisa menjadi syurga bagi para penyelam. Penyelam akan disuguhi laut yang indah dengan biota laut yang sedang bermain di terumbu karang. Gerombolan ikan bisa kita lihat dikedalaman 25 meter. 

Nama Syahrir ini diberikan karena pulau pisang sering dikunjungi oleh perdana menteri pertama Indonesia. 

2.Pulau Hatta

Pulau yang terletak di ujung Kepulauan Banda ini memiliki hamparan pasir putih yang terbentang luas dengan ombak yang tak terlalu besar. 

Kita bisa menikmati senja di pulau ini dengan dimanjakan langit hangat yang perlahan menggelap. cocok untuk kita membawa pasangan atau untuk sekedar menenangkan diri dari riuhnya kota.

3. Lava Flow

Berbeda dengan dua pulau sebelumnya, Lava Flow memiliki pasir hitam dan terumbu karang yang diselingi sisa-sisa reruntuhan Gunung Api Banda. meski terdengar mengerikan namun letusan Gunung Api ini menjadi vegetasi bawah laut yang indah dan subur. 

Lion fish adalah salah satu ikan yang sering ditemukan di laut Lava Flow. Keunikan Lava Flow adalah pasir hitam yang menyelimuti pulai ini terkadang terasa hangat karena ada uap yang muncul di sela-sela pasir. Hal ini terjadi karena Gunung Api Banda yang masih aktif.

4. Benteng Balgica 

Tak hanya memamerkan keindahan lautnya. pulau banda juga memilki nilai sejarah yang tinggi. Bangunan yang berbentuk pentagonalini terletak di Bukit Tabaleku Neira. Bangunan ini dibangun oleh bangsa portugis pada abad ke-16 

Tak hanya keindahannya, destinasi wisata diatas memilki sejarahnya masing-masing. Sebagai pusat perdangan pala dan fuli (bunga pala) dunia maka tak heran jika Banda Neira lekat dengan sejarahnya. Banda Neira juga menjadi satu-satunya penghasil rempah-rempah yang bernilai tinggi.

Banyak sekali nilai sejarah juga keindahan Banda Neira ini maka sudah selayaknya kita menjaga keasriannya agar anak cucu kita juga bisa menikati kekayaan laut Indonesia. 

Nah temen-temen, gimana? sudah ada rencana untuk berkunjung ke Banda Neira? jangan lupa bawa kamera karna pemandangan disana tidak akan kita temui di kota.

Baca juga: Young Explorer 2019 #6 – Belajar Jenis Terumbu Karang dan Menyelam di Laut Banda Neira

Sumber: Wikipedia, Kemenparekraf

Related Articles

Responses