Pesona Alam dan Budaya di Pantai Ngobaran, Gunung Kidul

Ditulis Oleh:

Menelusuri sepanjang  Pantai Selatan di Yogyakarta seperti tiada habisnya  karena menuai pujian keindahan alamnya. Potensi wisata alam dan budaya pantai di kawasan tersebut pun tak kalah menarik untuk menjadi perbincangan dan kunjungan favorit wisatawan.

Pantai Ngobaran yang berada di Desa Kanigoro dikenal bangunan pura yang eksotis buat Pantai ini seperti nuansa di Bali. Sensasi seperti di Pulau Bali terasa demikian kental ketika Kamu melihat bangunan pura ,candi bercorak Hindu berada di tebing pantai Ngobaran dengan deburan ombak seperti tanah lotnya di Pulau Bali.

Sesuatu yang spesial dari Pantai Ngobaran adalah perpaduan wisata alam dan budaya. Pantai penuh sejarah ini mempunyai bangunan Pura sebagai tempat ibadah umat Hindu dan seringkali diadakan ritual di sana. Pantai ini mungkin masih terdengar asing ketimbang nama pantai lainnya yang sudah dulu dikenal.

Lokasi bangunan pura yang berhadapan dengan laut mengingatkan Tanah lot di Pulau Bali. Bangunan pura berpadu dengan batu karang dan deburan ombak yang indah di menjadikan tempat ini sebagai rekomendasi alternatif wisata .

Bangunan candi bercorak Hindu berlatar belakang lautan yang biru adalah spot foto yang mengasyikkan. Kamu pun bisa berselfie di area ini di beberapa tempat dengan latar belakang arca ,bangunan candi dan lautan yang biru menjadikan feed instagram-mu makin indah berwarna .

Sisi lain pantai Ngobaran yang unik dan beda selain bangunan candi bercorak Hindu adalah 3 bangunan ibadah mulai pura, rumah joglo dan masjid yang berdiri berdekatan dengan damainya.

Spot foto yang tak kalah menarik di Pantai Ngobaran adalah ornamen unik khas generasi milenial bisa Kamu jumpai disini. Ornamen unik yang ada di Pantai Ngobaran terbuat dari bambu pilihan yang dibentuk sedemikian rupa seperti ornamen love, meja- kursi dan ornamen unik lainnya menjadikan tempat ini memang asyik sebagai tempat alternatif wisata.

Berburu kuliner di Pantai Ngobaran menjadi kegiatan yang mengasyikkan. Pantai Ngobaran dikenal kulinernya yang lezat memanjakan lidah .Kuliner khas Pantai Ngobaran yang diburu wisatawan adalah landak goreng dan sambalnya yang lezat .

Kuliner khas Pantai Ngobaran yang dinamakan Landak goreng yang dimakan bersama sambal ini dikenal unik akan kelezatannya. Ketika Kamu berwisata ke Pantai Ngobaran bisa menjajal kuliner ini di warung- warung di kawasan Pantai Ngobaran .Selain kuliner landak goreng Kamu bisa mencoba kuliner lainnya berbahan dasar ikan yang lezat menggoda selera membuat acara liburanmu tambah berwarna.

Tiket masuk Pantai Ngobaran sangatlah terjangkau. Pengunjung hanya mengeluarkan uang sebesar 5 ribu rupiah saja per orangnya. Selain itu ada biaya retribusi tambahan yang dikenakan untuk parkir. Sepeda motor dikenakan tarif 2 ribu rupiah, mobil 5 ribu rupiah dan bus 10 ribu rupiah.

Pantai yang sudah ada kisahnya dari Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Demak ini harus tetap di jaga nilai kebudayaan dan kelestarian alamnya. Tentu sebagai wisatawan kita harus memiliki sikap yang bertanggung jawab untuk menjaga nya!

Editor : Annisa Dian N

Baca Juga:

Scroll to Top