10 Pantai Instagramable di Indonesia

“Itu di mana? Bagus banget!” 

Mungkin itulah kalimat yang ingin kamu dengar saat posting foto-fotomu sedang berlibur di sebuah pantai. Tapi, tidak perlu jauh-jauh ke Hawai atau Maldives karena Indonesia juga punya banyak pantai instagramable yang bisa kamu kunjungi.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia tentu menyimpan pesona bahari yang tidak sedikit. Saking banyaknya, mungkin kamu akan bingung saat menentukan destinasi wisata bahari yang ingin kamu kunjungi. Berikut ini adalah pantai-pantai dengan daya tarik unik dan keindahan yang mungkin bisa jadi pilihanmu:

  • Pantai Tanjung Tinggi, Kepulauan Bangka Belitung

Berlibur ke Pulau Belitung rasanya kurang lengkap kalau tidak berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi, pantai yang dijadikan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi. Sesuai namanya, pantai ini dikelilingi bebatuan granit besar dan tinggi berukuran sebesar rumah. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik bagi para pengunjung yang ingin melihat pesona keindahan pantai pasir putih dengan ombak tenang tersebut.

Meski tidak dikelola oleh pemerintah daerah, kamu tetap bisa menikmati berbagai fasilitas di pantai ini. Mulai dari penyewaan perahu karet, ban pelampung, warung makan, sampai toilet. Tapi, jangan habis manis sepah dibuang, ya. Saat berlibur ke sana, jangan lupa tetap jaga kebersihan dan patuhi peraturan supaya pantai ini tetap lestari.

  • Pantai Gigi Hiu, Lampung

Jika Belitung punya Pantai Tanjung Tinggi dengan pesona bebatuan besar di dalamnya, maka Lampung punya Pantai Gigi Hiu dengan pesona hamparan batuan karang artistik yang tersebar di sepanjang pesisirnya. Gugusan batuan karang yang menjulang tinggi merupakan daya tarik yang dimiliki pantai ini.

Dinamakan Gigi Hiu karena pantai ini memiliki bebatuan karang dengan ketinggian 1 sampai 10 meter yang tersusun rapi menyerupai barisan gigi hiu. Tapi, ingat, kamu tidak boleh berenang di pantai yang berhadapan langsung dengan perairan Samudera Indonesia ini karena gulungan ombaknya yang besar dan bisa memecah karang.

  • Pantai Tanjung Layar, Banten

Jika bosan berkunjung ke Pantai Sawarna atau Ujung Genteng di Banten, kamu bisa memilih Pantai Tanjung Layar untuk berlibur atau sekadar menikmati momen matahari terbenam di sini. Pantai ini dinamakan Tanjung Layar karena dua tebing karang berbentuk layar yang terdapat di antara laut dan pesisirnya.

Panorama unik pantai ini semakin lengkap dengan adanya barisan karang di belakang kedua tebing tersebut yang membentang sepanjang satu kilometer. Karena keindahan tebing dan gugusan karang inilah pantai ini sering dijadikan spot hunting foto atau video oleh para fotografer dan videografer.

  • Pantai Ujung Gelam, Jawa Tengah

Pantai Ujung Gelam merupakan salah satu pantai di Pulau Karimun Jawa yang dikenal sebagai spot terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Jika cuaca sedang cerah, kamu bisa melihat pemandangan matahari terbenam di pantai yang begitu indah. 

Selain itu, pantai ini juga memiliki pasir putih yang lembut dengan ombak yang sangat tenang sehingga cocok dijadikan spot berenang atau sekadar bersantai di pinggir pantai. Untuk menemani waktu santaimu, kamu bisa memesan kelapa muda yang dijajakan di warung-warung sekitar pantai.

  • Pantai Maratua, Kalimantan Timur

Berada di gugusan pantai Kepulauan Derawan, Pantai Maratua digadang-gadang akan menjadi destinasi wisata unggulan karena air lautnya yang bersih, pasir pantainya yang putih, biota laut yang sangat beragam, serta hutan bakau dan pohon kelapa yang semakin melengkapi keindahan alamnya.

Di sini, kamu bisa melihat berbagai jenis hewan laut berenang bebas di lautan, terutama barakuda dan penyu sisik hijau. Oleh karena itu, pantai ini juga dijadikan sebagai destinasi favorit bagi para penyelam.

  • Pantai Nyang Nyang, Bali

Meski belum dikenal banyak orang dan terbilang masih sangat sepi, pantai yang terletak di daerah Kuta Selatan ini pernah dinobatkan sebagai salah satu pantai terbaik di dunia dan wajib dikunjungi pada 2018 oleh CNN Travel International.

Menariknya, pantai ini memiliki garis pantai berpasir kuning keemasan, tebing yang penuh dengan tanaman, padang rumput berwarna hijau, dan lautan biru dengan ombak yang cocok dijadikan spot berselancar. Untuk bisa melihat panorama alam ini, kamu harus bersiap-siap menuruni ratusan anak tangga dengan kemiringan yang cukup ekstrem.

  • Pantai Senggigi, Nusa Tenggara Barat

Lokasinya yang strategis dan mudah dicapai menjadikan pantai yang ada di Lombok Barat ini sebagai salah satu destinasi wisata favorit di kalangan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Oleh karena itu, pemerintah daerah setempat pun memberikan perhatian khusus dalam sektor pembangunan dan pariwisata.

Pantai ini berada di kawasan pantai-pantai berteluk yang memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan karakter pantai yang berbeda-beda. Selain keindahan pantainya yang memikat, kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas di sini. Mulai dari olahraga, berbelanja produk lokal, hingga kuliner.

  • Pantai Pink, Nusa Tenggara Barat

Terletak di Lombok Timur, pantai bernama asli Pantai Tangsi ini dikenal karena pasir pantainya yang berwarna pink. Warna pasir yang unik tersebut disebabkan oleh pasir putih yang menyatu dengan butiran terumbu karang berwarna merah dan bercampur dengan air laut. 

Uniknya, warna pasir tersebut bisa berubah-ubah. Di pagi hari, warna pink pada pasir akan terlihat lebih muda dibandingkan dengan di siang dan sore hari. Hal ini terjadi karena adanya pantulan cahaya matahari yang menyinari pasir pantai tersebut. Wah, unik sekali ya!

  • Pantai Nihiwatu, Nusa Tenggara Timur

Pantai yang terletak di Sumba Barat ini termasuk ke dalam daftar 100 pantai terbaik di dunia dan menjadi satu-satunya pantai di Indonesia yang masuk ke dalam jajaran pantai terbaik di Asia.

Sayangnya, keindahan pantai ini masih belum diketahui banyak orang karena jaraknya yang cukup jauh untuk ditempuh. Selain air lautnya yang sangat jernih dan pasir pantainya yang bersih, pantai ini juga sangat cocok dijadikan spot berselancar karena ombaknya yang cukup menantang.

  • Pantai Teluk Triton, Papua Barat

Hampir semua pantai di Papua memiliki keindahan alam yang sangat memukau.Salah satu pantai dengan pemandangan bawah laut yang indah dan diburu para pecinta lautan adalah Pantai Teluk Triton yang terletak di Kaimana, Papua Barat. Pantai ini memiliki banyak terumbu karang dan hewan laut langka sehingga cocok dijadikan destinasi wisata bagi wisatawan yang ingin diving atau snorkeling.

Pesona senja yang eksotis juga semakin membuat para wisatawan betah berlama-lama di pantai ini. Selain itu, kamu juga bisa melihat lukisan purba berwarna merah yang terletak di dinding-dinding kapur Teluk Triton.

Itulah sepuluh pantai instagramable di Indonesia yang bisa kamu kunjungi. Ingat, jangan cuma ambil fotonya saja ya, kelestarian pantai-pantai ini juga perlu kamu jaga!

Baca Juga

Tanggapan