Ikan Laut Sangat Baik untuk Kesehatan, Tetapi… ?

ikan laut

Halo sahabat Laut sehat, mau tanya nih siapa yang suka banget makan junk food? Hmm emang enak banget si makanan siap saji apalagi kalau malam hari abis overthinking terus masak mie instans, duuuh pasti ga nahan gak si?

Tapi jangan terlalu sering makan makanan siap saji yaa, makanan siap saji yang banyak mengandung tepung tidak baik untuk kesehatan selain itu makanan siap saji akan buruk pada metabolisme tubuh.

Dewasa ini kita harus mulai membiasakan diri dengan makanan sehat, menjaga pola makanan dan mengatur apa yang akan kita makan.

Salah satu jenis makanan yang banyak kandungan gizi adalah ikan laut. siapa nih disini yang tidak suka dengan ikan laut? Sayang banget loh karna banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita makan ikan laut.

ikan laut
Seafood Kaleng di Supermarket / Foto: Tim Aubry / Greenpeace

Pada zaman serba online ini kita dihadapkan dengan masalah baru yaitu banyaknya orang yang kecanduan gadget. Sering kita melihat orang-orang kurang tidur karna terlalu asik memainkan gadget, tentunya kurang tidur akan berdampak buruk pada kesehatan.

Untuk mengatasi masalah kurang tidur atau membantu meningkatkan kualitas tidur kita bisa mulai dengan makan ikan laut. Vitamin D yang terkandung dalam ikan laut akan membantu mengatasi masalah kualitas tidur.

Mengapa kualitas tidur penting bagi kesehatan? Kualitas tidur yang baik akan meningkatkan kosentrasi dan membantu menjaga stabilitas metabolisme tubuh.

Dalam jurnal yang diterbitkan pada tahun 2016 yang berjudul “The Relationship between Sleep quality and Brain Amyloid Burden” menejelaskan bahwa semakin baik kualitas dan kuantitas seseorang tidur maka semakin baik juga kemampuan otak dan kinerja sistem neuron dalam otak.

Itulah mengpa mereka yang memiliki waktu yang cukup untuk tidur akan mudah berkonstrasi, mudah mengembangkan kemampuan kognitif, dan memiliki kemampuan analasis yang lebih tajam.

Selain itu, tidur yang cukup akan membatu menjaga stabilitas metabolisme tubuh dan menjaga stabilitas sirkulasi darah tetap berjalan dengan lancar. Dengan kondisi ini, suplai darah yang membawa oksigen dan nutrisi menuju otak tetap berjalan dengan baik.

Untuk eningkatkan kualitas tidur ita bisa memulai dengan memakan ikan laut. kandungan vitamin D dan Asam Lemak Omega 3 dalam ikan laut akan sangat membatu meningkatkan kualitas tidur.

Fakta bahwa kekuragan omega 3 akan menurunkan kadar melatonin dalam otak  yaitu hormon yang mengatur aktif tidaknya fungsi otak dan memiki relasi kuat mendorong rasa kantuk muncul. Nah jadi bagi kalian yang kurang tidur atau punya masalah tidur kalian bisa mulai dengan makan ikan laut yaa.

Tetapi di sisi lain, pernahkah kita terpikir bagaimana seafood atau ikan laut yang akan kita santap bisa terhidang di atas piring kita?

Apakah ikan tuna, cumi-cumi, dan gurita yang menggiurkan dan sudah dimasak dengan berbagai bumbu ini ditangkap dengan cara yang baik? Dan apakah orang-orang yang menangkapnya di laut lepas sana diperlakukan dengan baik?

ikan laut
Aksi perlindungan ABK (Anak Buah Kapal) Perikanan di Jawa Tengah / Foto: Jurnasyanto / Greenpeace

Greenpeace Indonesia bersama partnernya akan merilis sebuah film berjudul “Before You Eat”, yang akan mengajak kita menelusuri beragam kisah di balik industri makanan laut global yang bernilai jutaan dolar AS.

Sebagaimana dilansir dari situs Before You Eat, film ini mendokumentasikan seputar praktik penangkapan ikan ilegal, perbudakan, dan perdagangan manusia yang dialami para anak buah kapal (ABK) Indonesia di kapal-kapal penangkap ikan jarak jauh.

Perlunya kita menyuarakan hal ini agar supaya sumber protein yang baik dan sehat bagi kita ini juga turut diperhatikan kebaikan bagi proses rantai bisnisya.

Baca juga: Serial Hewan dan Tumbuhan Unik di Laut: Ikan Napoleon, Sang Pahlawan Terumbu Karang

Editor: J. F. Sofyan

Foto Thumbnail: Kesaku Seki / Greenpeace

Sumber: Halodoc, Deharba, Situs Before You Eat

Tanggapan