Mengenal Potensi laut Indonesia dan Cara Melestarikannya

kekayaan bawah laut indonesia yang menjadi potensi sumber ekonomi negara

Hai, siapa sih di jaman milenial ini yang gak tahu jika Indonesia itu kaya akan keberagaman lautnya ?

Ya jadi Indonesia ini adalah negara yang sudah terkenal akan keberagaman hayati lautnya. Bahkan keaneka ragaman hayati negri kita ini adalah terbesar di dunia. Indonesia adalah negara maritim dengan luas lautan mencapai 5,8 juta km2 yang terdiri dari perairan territorial, perairan laut 12 mil dan perairan ZEE Indonesia.

Negara kita ini juga memiliki 17.504 buah pulau dengan panjang garis pantai 104.000 km. Jika dibanding dengan luas wilayahnya maka adalah 2/3 wilayah Indonesia ini adalah lautan. Hal ini sangat patut kita banggakan karena Indonesia sangat kaya dengan hasil-hasil lautnya.

Apa saja sih  yang ada di dalam laut Indonesia?

Dasar laut Indonesia memiliki ciri khas tersendiri loh, sehingga tidak ada negara lain yang mempunyai topografi dasar laut yang sangat beragam seperti di Indonesia. Hampir segala bentuk penghuni laut (flora fauna) dapat dijumpai, ya misalnya terumbu karang yang beraneka ragam, gunung api dalam laut seperti gunung Krakatau, paparan yang dangkal, dan bahkan ada palung dalam laut.

Hal-hal istimewa tersebut menjadikan lautan negara kita ini menjadi wilayah Marine Mega Biodiversity terbesar di dunia, terdiri sekitar 8.500 species ikan, 555 species rumput laut dan 950 species biota terumbu karang, bayangkan saja sebanyak itu spesies-spesies yang tersebar di laut Indonesia.

Laut Indonesia pada dasarnya menyimpan berbagai sumberdaya alam yang dapat dijadikan modal pembangunan nasional, menambah perekonomian negara, oleh karena itu berbagai kegiatan ekonomi yang berbasis kelautan pun dikerahkan dan dikembangkan , supaya dapat membangun kesejahteraan masyarakan Indonesia ini.

Kondisi ini merupakan anugerah dari Tuhan yang sangat besar untuk pembangunan sector kelautan dan perikanan di negara kita ini. Kita patut mensyukuri atas kekayaan hayati negara Indonesia ini.

Yuk, mari kita jelajah lebih dalam tentang flora fauna lautan Indonesia ini !

Ya, jadi di negara kita ini terdapat sekitar 32 dari 87 jenis mamalia laut di dunia loh kawan yakni dari kelompok paus, lumba-lumba, dan dugong dapat dijumpai di negara Indonesia, dan tidak lupa juga ada paus biru loh yang saat ini terancam punah. Tidak hanya itu ada juga ikan hiu dan ikan pari yang langka bahkan yang tidak langka berhabitat di laut Indonesia, termasuk juga hiu paus dan serta dua jenis pari karismatik yaitu pari manta oseanik.

Selain tentang mamalia, ada juga nih penyu lautan dunia bisa kita temui di lautan Indonesia, yang termasuk diantaranya adalah penyu belimbing. Siapa yang tidak tahu penyu Belimbing? Fyi, penyu belimbing ini juga termasuk penjelajah dunia. Berikut gambar penyu belimbing.

Selain berbagai jenis mamalia di atas, tentu saja kita tidak akan melupakan tentang biota laut lainnya. Ya, seperti ikan, bintang laut, udang, dan lain-lain. Ada juga si plankton-plankton kecil nan halus sampai tak terlihat mata melihat. Biasanya nih kawan plankton itu hidupnya di daerah neritik , adalah wilayah laut yang dangkal karena masih sangat mjdah ditembus cahaya sampai dasar 200m.

Selain keanekaragaman hewan lautnya, yuk kita juga harus mengenal tentang tumbuhan lautnya

Mengenal tumbuhan-tumbuhan yang ada di laut kita , yuk mari kita simak penjelasannya!

Terumbu karang - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kalian pasti sudah tahu kan apa itu terumbu karang, terumbu karang ini adalah tumbuhan yang khas di laut tropik. Bentuknya pun juga bermacam-macam, jenisnya pun juga banyak macam dan hal tersebut lah yang membuat laut indonesia ini menjadi sangat indah dan disegani oleh negara-negara asing.

Oh iya , tahukah kalian jika terumbu karang ini hidupnya ada di daerah yang masih dapat dijangkau matahati ya setidaknya 50 m sampai di bawah permukaan laut. Ada juga beberapa tipe terumbu karang yang tak memerlukan sinar matahari untuk hidup.

Terumbu karang adalah salah satu komponen utama sumber daya pesisir dan laut. Ini semua adalah kekayaan yang sangat berharga dan tak ternilai harganya, kita patut bangga akan kekayaan negara kita ini.

senja indah ku: Menyusuri Hutan Bakau Gili Petagan

Yang menempati posisi kedua adalah hutan mangrove yang sering di sebut juga dengan hutan bakau. Hutan ini tumbuh nya atau habitatnya di air payau, air payau adalah campuran air tawar dan air asin (air laut) dan juga dipengaruhi pasang surutnya air laut. Hutan-hutan ini tumbuh ditempat-tempat khusus, seperti di perlumpuran dan akumulasi dari bahan organik.

Ya baik teluk yang terlindungi dari gemburan-gemburan ombak di lautan, bahkan di sekitar muara sungai dimana airnya yang lambat dan banyak lumpur. Hutan bakau ini fungsi utamanya adalah sebagai pencegah pantai dari abrasi atau sebut saja erosi. Abrasi artinya pengikisan permukaan pantai akibat ombak laut yang sangat ganas.

Lamun, Si Tumbuhan Super ! | PGSP

Yang terakhir adalah padang lamun, bagi yang belum tahu gambarnya padang lamun, nah itu di atas ada gambarnya padang lamun kawan, coba di amati terlebih dahulu. Setelah mengamatinya, padang lamun ini adalah salah satu ekosistem yang khas loh.

Kok bisa sih disebut khas? ya, karena mereka hidup di laut perairan dangkal dan hangan dengan dsasar pasir. Oh iya , padang lamun ini juga sering di anggap dari ekosistem nya mangrove loh, ya walaupun padang lamun itu dapat berdiri sendiri .

Tumbuhan ini juga memiliki bunga loh kawan-kawan dan sudah beradaptasi sepenuhnya di dalam laut. Tumbuhan ini juga dapat tumbuh di perairan pantai yang berlumpur bahkan di patahan terumbu karang yang sudah mati loh, tetapi dengan kedalaman 4 meter saja ya.

Dibalik keindahannya itu semua, ada beberapa faktor yang dapat merusaknya !

Ya, jadi dibalik semua keindahan bawah laut Indonesia pasti ada beberapa kerusakan, dan bahkan menyebabkan mereka langka dan menjadi punah. Sayang sekali bukan, kerusakan-kerusakan tersebut juga karena faktor manusia juga loh. Baik hewan tersebut memakan sampah plastik, atau mungkin bahkan perburuan liar dan dijual bebas diluar sana demi memenuhi kepentingan diri mereka sendiri.

Jika hal-hal tersebut tetap terus dibiarkan begitu saja, maka apa yang akan terjadi pada laut negri ku ini? Sudah seharusnya kita sebagai manusia melindungi dan menjaga keberagaman hayati laut kita ini dengan baik dan benar. Jika kita bisa menikmatinya berarti kita juga bisa melindungi nya. ini ada beberapa cara untuk melindungi keaneka ragaman laut Indonesia

Beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan lautan, yuk kita simak caranya:

USAHA LINDUNGI HABITAT ELAK KEPUPUSAN IKAN | KitaReporters: Semua Boleh Jadi Reporter

1. Memberikan Sosialisasi dan Pendidikan 

Apakah maksud dari cara nomer 1 di atas? ya jadi sosialisasi dan pendidikan itu sangat penting untuk negara Indonesia. Kita harus memberikan sedikit demi sedikit sosialisasi dan edukasi tentang biota laut Indonesia.

Upaya tersebut dapat mengubah pola pikir masyarakat dan tingkat kesadaran masyarakat Indonesia akan semakin langka dan rusaknya laut Indonesia. Sedikit demi sedikit edukasi dan sosialisasi diberikan kepada masyarakat maka mereka juga akan timbul / muncul perasaan akan kesadaran terhadap upaya tersebut.

2. Kurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai 

Sudah banyak kasus tentang sampah-sampah plastik tersebar di laut, bahkan di pinggir pantai pun juga ada. Ayo kita juga harus bisa meminimalisir sampah-sampah plastik menjadi barang yang berguna. Sampah plastikada 5,25 trilliun sampah plastik yang telah membunuh 100juta hewan di laut setiap tahunnya.

3. Kita Juga Harus Aktif Dalam Kegiatan Pelestarian Laut

Aktif dalam hal tersebut artinya, kita juga harus mempelajari tentang laut. Dengan mengetahui banyak hal tentang laut maka kita juga akan tahu apa saja yang akan kita lakukan yang terbaik supaya lautan kita ini tetap lestari. Bisa dari buku-buku, situs online, televisi, youtube dan lain-lain. Aktif mengikuti organisasi tentang pelestarian laut, membersihkan sampah-sampah di pinggir pantai.

4. Menangkap Ikan Tanpa Merusak Terumbu Karang

Mengapa seperti itu? terumbu karang adalah tempat tinggal  juga sekaligus tempat perkembangbiakan ikan-ikan di laut. Jika terumbu karang di laut rusak maka ikan pun akan kehilangan tempat tinggalnya dan juga ikan akan kesulitan untuk berkembang biak. Hal tersebut memicu faktor kerusakan bahkan sampai kepunahan ikan-ikan tersebut.

5. Jangan Menyentuh dan Mengambil Sampai Merusaknya

Memang terumbu karang itu sangat indah, tetapi ada beberapa faktor yang menyebabkan mereka susah untuk tumbuh kembang. Salah satunya adalah suhu dan salinitas. Saat karang diambil dari habitatnya dan dipindahkan ke tempat yang sushunya tak sesuai maka mereka akan mati. Hal itu juga membuat populasi mereka berkurang. Sentuhan juga dapat merusak fisiknya, dan gagal untuk berkembang (menghambat proses perkembangan).

6. Stop Perburuan Liar

Banyak sekali orang diluar sana melakukan perburuan liar terhadap hewan laut. Terutama ikan-ikan dan penyu. Mereka memburu hewan-hewan tersebut karena untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka, yaitu dengan cara dijual bebas.

Selain digunakan untuk memenuhi ekonomi hidup mereka , hewan-hewan tersebut juga digunakan sebagai obat-obatan bahkan dijadikan sebagai makanan . Tidak hanya terjadi pada hewan, hal tersebut juga terjadi pada tumbuhan (terumbu karang) di laut sehingga dapat merusak ekosistem mereka.

Apakah kalian masih akan membiarkan perbuatan buruk tersebut terjadi? eitss jangan!! Sudah sewajibnya kita sebagai warga negara yang baik untuk melindungi laut yang indah yang tak ternilai harganya. Ayo jangan menunda-nunda untuk melindungi laut kita ini.

Let’s save our ocean together!!! Jangan tinggalkan hal bermanfaat ini ya kawan, semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Editor : Annisa Dian Ndari

Related Articles

Responses