Jelajah Pesona Pantai Gunungkidul

Pusing mikirin kerjaan? Lelah dengan rutinitas yang gitu-gitu aja?

Tenang, semua bisa diobati dengan liburan! Kira-kira di mana, ya, tempat yang worth it untuk didatangi?

Psstt… Ada surga dunia di Gunungkidul lho!

Gunungkidul, salah satu kabupaten di bagian tenggara Provinsi D. I. Yogyakarta yang sebagian besar kawasannya berupa pegunungan dan perbukitan. Meskipun wilayah di sana dikenal tandus, tapi kalau soal tempat wisata, tak perlu diragukan lagi.

Mulai dari wisata goa, air terjun, gunung, taman kuliner, hingga candi pun ada, paket komplit! Tapi, yang paling spesial dari Gunungkidul adalah pantainya. Gunungkidul memiliki lebih dari 30 pantai, lho, mengagumkan!
Yuk, kita perdalam informasi mengenai sebagian kecil pantai Gunungkidul yang cantik, fantastik, dan bombastik ini!

1. Pantai Baron

Temukan aku di : Rejosari, Desa Kemadang

©https://blog.tripcetera.com/
©https://blog.tripcetera.com/

Pantai Baron, tempat di mana kamu bisa menemui teluk dan aliran sungai yang bermuara langsung ke laut. Pantai ini diapit dua karang sehingga memiliki bentuk seperti huruf U. Ombak di sini tenang karena karang tersebut membuat kekuatan ombak tertahan, jadi sangat cocok bagi kamu yang ingin mengajak anak-anak.

Nah, kalau mau lihat view pantai dari atas, kamu bisa menaiki mercusuar, kamu akan jatuh hati melihat indahnya Pantai Baron dengan air jernihnya yang berwarna biru kehijauan. Eits, jangan pulang dulu kalau belum mencicipi kuliner seafood-nya yang menggoda, cumi-cumi, kepiting, berbagai jenis ikan, semua ada di Pantai Baron!

2. Pantai Nglambor

Temukan aku di : Desa Purwodadi, Kec. Tepus

©https://liburmulu.com/
©https://liburmulu.com/

Para penggemar snorkelling mari merapat! Pantai Nglambor menawarkan karang-karangnya yang berwarna-warni dan ikan yang beragam jenisnya. Dengan harga sewa sekitar Rp50.000,00, kamu akan mendapat peralatan lengkap snorkeling, sudah termasuk foto bawah air juga, lho!

Menyelam sambil menikmati indahnya 15 jenis karang dan ikan-ikan cantik seperti ikan mayor, sersan, batfish yang dimiliki Pantai Nglambor bakalan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati agar tidak merusak karang, ikuti instruksi pemandu.

Pantai Nglambor dikelilingi bukit dan tebing karang, jadi untuk kamu yang suka trekking, bisa dong, mampir ke sini. Jika tidak ingin melakukan keduanya, kamu bisa menyusuri pantai berpasir putih ini atau menikmati momen tenggelamnya matahari.

3. Pantai Siung

Temukan aku di : Desa Purwodadi, Kec. Tepus

©https://eksotisjogja.com/

Karang berukuran raksasa yang jumlahnya banyak adalah pesona tambahan yang dimiliki Pantai Siung. Pantai Siung sendiri mendapat namanya dari salah satu karang yang bentuknya menyerupai gigi kera, atau Siung Wanara. Pantai ini juga populer karena aktivitas panjat tebingnya, cocok untuk kamu yang hobi olahraga ekstrem.

Bahkan, Pantai Siung pernah menjadi tuan rumah dalam ajang lomba panjat tebing internasional dan kini mendapat julukan The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta. Bukan hanya itu, kamu yang mau berkemah bareng teman juga bisa! Pantai Siung menyediakan camping ground yang terletak di sisi timur pantai, bebas digunakan oleh siapapun asalkan lingkungan tetap dijaga dan jangan sampai merusak habitat penyu.

4. Pantai Drini

Temukan aku di : Desa Banjarejo, Kec. Tanjungsari

©https://jogjatourwisata.id/

Pantai Drini terletak di sebelah timur Pantai Baron. Pantai ini dikenal karena memiliki pulau karang kecil yang jaraknya tidak jauh dari pantai. Kalau ingin berwisata ke sini, sebaiknya kamu datang saat air laut surut agar bisa menyeberang ke pulau kecil tersebut tanpa harus menaiki perahu.

Uniknya lagi, pantai ini seakan memiliki dua kepribadian. Di sebelah barat, kamu akan menemui kapal-kapal nelayan, warung, serta tempat pelelangan ikan, sementara di sebelah timur, kamu akan disambut oleh hamparan pasir putih, bukit yang hijau, dan ombak yang tenang.

Tapi justru inilah poin tambahan yang membuat wisatawan semakin tertarik untuk berkunjung. Pantai Drini memiliki air jernih yang dangkal, sehingga kamu bisa menyaksikan keindahan laut dari tepi pantai saja.

Nah, bagaimana? Sudah memasukkan Gunungkidul di dalam daftar liburanmu belum? Nikmati pesona pantai Gunungkidul dan jangan lupa untuk senantiasa menjaga lingkungan!

Take nothing but pictures. Leave nothing but footprints.

Editor : Annisa Dian Ndari

Related Articles

Responses