Mengagumi Keindahan Laut Belitung

Ditulis Oleh:

Pada awal tahun 2020 tepatnya di bulan Januari, aku mendapat kesempatan untuk mengunjungi Pulau Belitung dan sangat menikmati keindahan lautnya. Pada kesempatan kali ini aku banyak bertemu dengan masyarakat di sana dan banyak berbicara tentang keindahan Belitung ini.

Banyak hal yang aku sangat kagumi dan salut sekali melihat mereka masyarakat Belitung yang senantiasa menjaga keindahan laut. Karena laut merupakan sektor yang paling penting dalam menopang kehidupan di sana terutama dalam mata pencaharian hasil laut dan pariwisata.

Sebuah pulau di lepas pantai timur ini memang terkenal akan keindahan dan kekayan lautnya. Pulau ini semakin terkenal semenjak film Laskar Pelangi yang cukup inspiratif karya Andrea Hirata ditambah pesona pasir putih pulau Belitung yang mempesona.

Disamping itu aku juga dapat kesempatan banyak untuk mengunjungi beberapa tempat yang memang benar-benar sangat takjub, seperti beberapa tempat yang aku kunjungi yakni: lokasi pembuatan film Laskar Pelangi, keliling pulau-pulau kecil, berkunjung kerumah Bapak Ahok dan pengarang buku Laskar Pelangi Andrea Hirata, menikmati kuliner Belitung dan melihat pengolaan limbah sampah.

Indahnya Belitung membuatku akan ingin kembali dan kembali lagi,  Penduduk Pulau Belitung yang berasal dari suku Melayu dan keturunan Tionghoa sangat ramah terhadap para pengunjung dan jujur Belitung kota yang sangat bersih sekali. Indah di pandang mata dan membuat hati senang.

Laut yang juga bebas dari sampah-sampah yang tergenang di dalamnya membuat turis lebih merasa nyaman karena bersih. Aku ingin sampaikan kepada para pembaca, mulai lah aktif untuk menjaga dan melestarikan bumi kita, dan saling bersahabat dengan laut.

Tidak ada yang bisa diharapkan oleh laut kecuali kita manusia untuk saling menjaga dan membuat laut sehat serta terbebas dengan tangan-tangan kotor yang tidak bertanggung jawab. Karena penduduk sangat akrab dengan kehidupan bahari yang kaya dengan hasil ikan laut.

Pengalaman menyelam di laut Belitung membuat aku semakin bersahabat dengan laut, karena melihat kondisi bawah laut yang sangat indah dan sehat. Air yang bersih serta makhluk di dalam nya juga hidup sehat tanpa merasakan adanya ancaman yang datang kepada mereka.

Jika diberikan kesempatan untuk bisa saling mendorong dan mendukung laut sehat, banyak rencana yang ingin aku terapkan buat kita semua demi upaya menjaga dan merawat laut kita, agar tetap sehat dan terbebas dari sampah-sampah yang membuat makhluk di bawahnya resah.

Bagaimana menurut kalian, apa yang sudah kalian lakukan untuk laut kita?

Dan aktivitas apa yang kalian lakukan untuk tetap bisa menjaga laut kita?

Jangan tanyakan kepada orang lain, namun tanyakan kepada diri sendiri, dampak apa saja yang sudah kalian ciptakan untuk bumi dan laut kita. Percayalah, hal kecil akan menjadi besar. Maka terapkan itu kepada diri kita,  mencintai dan merawat laut adalah tugas kita.

Jangan pernah bermain dengan alam, karena alam mampu menyeleksi manusia

Salam Laut Sehat!

Editor : Annisa Dian N

Baca Juga:

Scroll to Top