Kunci Menjadi Pribadi yang Peduli akan Kebersihan Laut

Ditulis Oleh:

Banyak kita lihat sekarang laut bukan tempat air yang bersih dan indah, semua telah terbukti banyak pencemaran di laut terutama sampah yang menyebabkan laut Indonesia tidak sehat. Apalagi dengan isi laut nya,  seperti ikan – ikan dan biota laut lainnya.

Tanpa di sadari ini sudah terlihat dengan jelas, bahwa laut Indonesia masih luput dari perhatian dan kepedulian. Bagaimana dengan isi nya, laut adalah tempat hidup dengan hewan berbagai jenis, kini tempat tinggal mereka hanya terisi dengan sampah yang membuat mereka tidak sehat.

Fakta nya sudah jelas kita lihat di gambar, begitu banyak sampah berserakan di laut kita, namun adakah yang berfikir bagaimana situasi dan keadaan di dalamnya, banyak pencemaran air laut sehingga air laut yang bersih, indah, kini hanya tinggal sampah dimana – mana , bahkan air laut kita tidak lagi sehat untuk mahkluk di dalam nya.

Perbuatan ini adalah ya kita manusia, kita yang tidak bisa menjaga laut kita berserta isi nya, disini kita lihat bahwa kurang sadarnya manusia terhadap laut . Padahal sudah jelas lautan kita adalah lautan yang  kaya akan sumber daya dan banyak di sukai keindahannya oleh berbagai negara hingga sering menjadi rebutan dan ingin di peroleh negara lain.

Mungkin mereka melihat, bagaimana kondisi laut kita yang tidak di rawat dan di jaga, sehingga orang asing pun mempunyai keinginan ambil alih lautan kita. Pasti nya kita tidak mau, karena itu milik kita. Agar lautan kita tidak di rebut oleh negara lain, pasti nya kita harus perduli terhadap  keberlanjutan dan kedaulatan laut kita.

Disini kita akan membuat pengelolaan sampah – sampah khususnya untuk sampah lautan, agar tidak tercemar dan menimbulkan kerusakan fungsi laut di dalam nya berserta satwa penghuni lautan. Penting akan kesadaran kita masing masing untuk tidak membuang sampah ke dalam laut atau membuang sampah sembarangan di area lautan.

Jangan sampai sampah – sampah di lautan menjadikan sebuah wabah yang menimbulkan kekacauan terhadap laut kita, karena efek sampah yang sangat begitu banyak yang ada di dalamnya. Kerugian yang kita dapatkan jika memang sampah – sampah ini tidak dapat di atasi maka semua isi lautan di dalamnya akan punah bahkan kita tidak lagi dapat menikmati indahnya bawah laut tercinta.

Pernah gak sih berfikir, bahwa setiap makhluk hidup harus saling menjaga dan perduli satu dengan yang lainnya, maka dari itu tanya dalam hati dan katakan lautan ku adalah keindahan alam ku yang di berikan oleh Tuhan untuk aku nikmati dan manfaatkan sebaik mungkin.

Jika kita tidak cepat bergerak akan sampah – sampah yang menutupi indah nya laut beserta isi nya, maka yang tersisa hanya sebuah lautan yang kotor dan tidak sehat bagi generasi kita untuk di ambil manfaatnya. Laut merupakan sumber oksigen dan makanan kaya protein, wajib kita menjaga keutuhan untuk masa depan.

Kalau bicara fakta, jelas laut yang tercemar oleh sampah pasti tidak akan sehat kembali apalagi isi nya. Maka dari itu perlu akan kesadaran dari masing – masing, bagaimana agar tetap laut kita bebas sampah, sampah yang tercemar akan merusak segala nya.

Mulai sekarang kurangi untuk tidak membuang sampah sembarangan dimanapun, kurangi sifat konsumerisme, kurangi penggunaan yang sekali pakai karena laut sudah tercemar oleh sampah – sampah yang 80% sumbernya berasal dari daratan terutama rumah tangga.

Mari kita bersama sama untuk menjaga dan melestarikan serta merawat laut kita akan terbebas dengan sampah, jika semua upaya telah di lakukan maka hasil nya dan anak cucu kita yang akan nikmati. Mulailah membuat kebiasaan hidup untuk mengurangi penggunaan yang sekali pakai terutama plastik.

Adapun kunci utama agar sampah tidak lagi tercemar di lautan kita, upaya yang dapat kita lakukan sebagai berikut ;

1. Buanglah sampah pada tempat nya, dimanapun berada jagalah kebersihan.

2. Cintai laut dan isi nya, karena Tuhan telah menitipkan kepada kita agar kita dapat menjaga laut kita.

3. Perbanyak tempat sampah di dalam area laut dan juga himbauan untuk menjaga kebersihan

4. Mulailah untuk memungut  sampah sampah laut apabila memang kita melihat nya dan buang ke tempat nya.

5. Selalu membuat gerakan terhadap masyarakat setempat dalam saling menjaga laut akan bebas sampah

6. Pengelolaan sampah lautan di perluas dan memperbaiki manajemen sampah di wilayah pesisir.

7. Jadilah juru kampanye bagi orang-orang sekitarmu dan mengajak mereka untuk sadar dan ikut dalam gerakan.

8. Selalu lakukan audit dan monitoring laut 1 minggu sekali dan sosialisasi kepada warga setempat agar secara berkala untuk ikut bertanggung jawab .

9. Jadilah pribadi yang sudah berpikir untuk mengurangi plastik sekali pakai dan membawa wadah untuk makanan dan minuman mu sendiri .

10. Kurangi sifat konsumtif, karena sampah adalah hasil dari perilaku masyarakat yang konsumerisme.

Ingat, semua akan tampak jauh berbeda jika kamu sungguh – sungguh menerapkan ini ke dalam hidup mu, lindungi laut kita, jaga dan cintai. Agar bebas dari banyaknya sampah di lautan kita, semua akan menikmati hasil nya jika kita benar benar melakukan hal ini, tidak hanya kita bahkan anak cucu bangsa ini akan menikmati hasil dari upaya yang kita lakukan bersama – sama.

Dengan begitu laut kita aman, sehat dan mahkluk beserta isi laut dapat hidup sehat kembali dan terbebas dari sampah lautan.

Qoute dari aku untuk pembaca :

” Cintai di setiap tahap proses yang kamu sedang lakukan, maka dari sebuah proses akan membuktikan usaha keras dan kerja keras mu di kemudian hari “

Salam pembela lautan!

Editor : Annisa Dian N

Scroll to Top