Yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menyelamatkan Laut Indonesia

Berdasarkan hasil Konvensi Hukum Laut Internasional atau United Nation Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) pada tanggal 10 Desember 1982 disebutkan bahwa laut Indonesia memiliki luas sebesar 3.257.357 km. Indonesia juga menempati urutan ke – 3 sebagai negara dengan garis pantai terpanjang setelah Canada dan Norwegia.

Dengan begitu besarnya wilayah laut, Indonesia menjadi rumah bagi 8.500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut, dan 950 spesies terumbu karang. Beragamnya spesies yang dimiliki Laut Indonesia membuat negara dengan bendera merah – putih ini menjadi negara marine mega-biodiversity. 

Laut Indonesia dengan segala keanekaragamannya juga memberikan beragam manfaat untuk negara kita ini. Mulai dari menciptakan banyak lapangan pekerjaan, menjadi sumber makanan, menghasilkan banyak oksigen, hingga membantu mengatur iklim.

Dikatakan dalam buku Mewujudkan Poros Maritim Dunia (2015) oleh Andi Iqbal Burhanuddin bahwa selama beberapa abad pusat – pusat pertumbuhan ekonomi dan peradaban di wilayah Nusantara berbasis pada sumber daya kelautan.

Namun, dengan segala manfaat yang diberikan laut kita masih mempunyai banyak masalah. Seperti ilegal fishing, sampah yang mengganggu kehidupan biota laut, penangkapan ikan dengan cara yang merusak sumber daya dan lingkungan laut, serta perburuan hiu.

Masalah – masalah ini akan mengganggu kestabilan ekosistem yang nantinya akan berdampak buruk untuk hewan laut dan juga manusia.

Nah, sebagai Masyarakat Indonesia apa sih yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan laut kita ini? Yuk, cari tau hal – hal yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan Laut Indonesia!

Kurangi Limbah dan Penggunaan Plastik

Untuk mengurangi sampah plastik, banyak hal sederhana yang dapat kita lakukan. Hal – hal sederhana tersebut seperti :

  1. Tidak menggunakan sedotan plastik
  2. Membawa tas belanja sendiri
  3. Mempunyai dan membawa botol minum sendiri
  4. Membeli barang dalam kemasan yang lebih besar untuk waktu yang lebih lama
  5. Mendaur ulang botol plastik (menjadi pot bunga, celengan, dan lain – lain)

Di kota Bali, Bandung, dan Makassar ada perusahaan yang membantu kamu untuk mendaur ulang limbah plastik seperti botol, gelas, dan popok. Caranya pun bisa dibilang sangat mudah, kamu hanya perlu download aplikasi mereka lalu dengan beberapa touch orang – orang dari perusahaan ini akan mengambil limbah plastik di rumah kamu bahkan memberi kamu uang untuk setiap beberapa limbah yang kamu kasih. Untuk detailnya kamu dapat melihat instagram perusahaan tersebut, @octopus.ina

Menjaga Kelestarian Laut

Cara selanjutnya agar kamu bisa menyelamatkan Laut Indonesia adalah dengan menjaga kelestarian laut. Maksudnya menjaga kelestarian laut seperti apa sih? Yang dimaksud adalah seperti ini :

  1. Jaga biota laut dengan pancing ramah lingkungan
  2. Tidak sembarangan menangkap dan memelihara biota laut
  3. Tidak menyentuh Terumbu Karang
  4. Tidak mengambil bagian bagian karang sebagai cindera mata
  5. Menjaga kebersihan pantai dan laut dengan tidak membuang sampah di laut

Membantu Organisasi Konservasi dan Pelestarian Laut

Organisasi yang bekerja di bidang konservasi dan pelestarian laut merupakan salah satu pilar penting untuk menyelamatkan laut kita. Salah satu cara organisasi ini untuk melestarikan laut kita adalah dengan terjun ke lapangan seperti merehabilitasi terumbu karang, melakukan survei bawah laut, dan meneliti suatu fauna.

Kamu bisa membantu mereka dengan menjadi volunteer pada program yang mereka adakan atau berdonasi ke lembaga tersebut. Lembaga konservasi di Indonesia yang aku tau ada Biorock Indonesia, Gili Ecotrust, Thresher Shark Indonesia, North Bali Reef, dan Barefoot Conservation. Kalo kamu tau yang lain, komen di bawah ya!

 Be A Marine Conservationist!

Konservasi Laut membutuhkan kerja sama dari banyak pihak. Mulai dari ilmuwan, pengusaha, pengacara, jurnalis, bahkan influencerInfluencer yang dimaksud di sini bukan orang yang memiliki banyak follower instagram. Melainkan, orang – orang yang dapat meng-influence lingkungannya.

Peran influencer penting karena mereka dapat meningkatkan kepedulian orang – orang di sekitar mereka terhadap isu – isu laut. Mereka juga dapat merubah gaya hidup orang – orang di sekitar mereka menjadi lebih ramah lingkungan.

Setelah baca cara – cara di atas, yuk lakuin hal – hal tersebut untuk menyelamatkan laut kita! Hal sekecil apa – pun yang kamu lakukan untuk melestarikan laut pasti akan bermanfaat.

“The greatest danger to our planet is the belief that someone else will save it.” Robert Swan

Editor : Annisa Dian Ndari

Related Articles

Responses