Intip Kegiatan Rekrutmen Tahap Awal di klub Selam MDC Undip

Marine Diving Club (MDC) merupakan salah satu klub selam yang ada di Undip. Lingkup keanggotaan MDC Undip merupakan mahasiswa jurusan ilmu kelautan dan oseanografi. 

Sejak tahun 1991, MDC Undip telah menyelenggarakan serta berpartisipasi dalam berbagai kegiatan khususnya dalam bidang penyelaman ilmiah dan konservasi laut. 

Setiap tahun MDC Undip meregenerasi anggota baru melalui proses Open Recruitment Marine Diving Club. Hingga kini, MDC Undip telah melaksanakan rekrutmen yang ke-29. 

Bagaimana Tahap Awal Rekrutmen ke-29 di MDC Undip?

Tahap awal rekrutmen MDC Undip dinamai Pengenalan Potensi. Sesuai namanya, tahapan Pengenalan Potensi ini merupakan penilaian awal terhadap keterampilan, pengetahuan, kemauan, dan karakter peserta. Mengenalkan keterampilan renang dasar yang dibutuhkan oleh seorang penyelam.

Keterampilan dan kemampuan peserta yang dinilai adalah teknik dasar renang kolam dan dasar selam yang akan dipelajari di MDC Undip. Seperti renang gaya bebas, water trap (teknik mengapung di air), manajemen pernapasan, hingga renang bawah air. Pengenalan alat selam dasar serta penggunaannya dalam teknik entry (masuk ke dalam air) dan finswimming (renang dengan kaki katak) juga dikenalkan pada peserta.

MDC undip di kolam
Sesi latihan kolam, open recruitment MDC Undip. / Foto: MDC Undip

Ada yang menarik di tahapan awal rekrutmen MDC ke-29. Tahap awal ini diramaikan oleh para alumni, bahkan dosen yang juga merupakan seorang alumni MDC Undip. Para senior tersebut memberikan materi dan motivasi kepada para peserta seputar dunia penyelaman yang dikemas melalui sesi sharing session.

Banyak kepingan cerita, pengalaman, serta wawasan seputar dunia penyelaman yang tersampaikan dari berbagai kacamata. Mulai dari perjalanan mereka saat melalui seluruh proses rekrutmen MDC Undip, hingga perjalanan mereka terjun ke dunia profesional. Hal ini diharapkan dapat memberikan gambaran serta motivasi kepada para peserta rekrutmen yang baru memulai perjalanan mereka.

Sharing session bersama senior MDC Undip./ Foto: MDC Undip

Selain sharing session, kegiatan wawancara juga dilakukan di tahap ini. Kegiatan wawancara ini bertujuan untuk menggali pengetahuan, kemauan, dan karakter peserta. Hasil wawancara akan menjadi catatan berharga bagi anggota dan pengurus MDC maupun calon anggota MDC untuk terus mengembangkan diri kedepannya.

Sesuai dengan tema rekrutmen MDC ke-29, yaitu “Preserving the sea, Discover your ability, and Break the limits.” Kami, anggota MDC penyelenggara rekrutmen, berharap Pengenalan Potensi ini dapat menjadi batu loncatan awal dari sebuah perjalanan pembelajaran, penemuan diri, dan pengembangan diri dalam kemungkinan yang tak terbatas.

Seorang peserta open recruitment MDC Undip sedang mempraktikan kemampuan berenang. / Foto: MDC Undip

Perjalanan panjang menanti para calon anggota MDC. Setelah tahap awal ini, calon anggota akan melanjutkan proses rekrutmen MDC Undip ke tahap selanjutnya, yakni Pendidikan Akademis Penyelaman, Latihan Perairan Terbuka, Bintaltap, hingga puncaknya di Ekspedisi Corallium.

Secara keseluruhan, proses rekrutmen di MDC biasa memakan waktu hingga 8 bulan hingga peserta bisa ditetapkan sebagai anggota MDC. Perjalanan yang cukup lama, namun tentu banyak ilmu dan pengalaman berharga di dalamnya, menanti untuk dilalui.

Teruslah belajar, kejarlah mimpimu, dan hadapilah seluruh rintangan yang akan datang. Waspada Dira Anuraga! ***

Baca juga: “Think Globally and Act Locally”, Berpikir Jauh dan Luas Namun Bertindaklah Dimulai dari yang Terdekat

Editor: J. F. Sofyan

Ditulis oleh:

Bagikan:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Email
Print

Tanggapan