One Day Trip Paket Lengkap? Yuk, Ke Pulau Sangiang!

Ditulis Oleh:

Pernah gaksih kalian yang tinggal di Jabodetabek kepengen liburan tapi gak punya waktu banyak dan gak punya temen buat jalan sejenak?

Mungkin sebagian besar orang pernah mengalami hal tersebut ya. Biasanya, One Day Trip bisa jadi pilihan yang tepat untuk melepas lelah karena kita bisa menikmati liburan dalam satu hari.

Nah, biasanya One Day Trip yang ramai ditawarkan adalah di pulau-pulau yang berada di Kepulauan Seribu atau Curug di daerah Bogor karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dengan Jabodetabek.

Kali ini, aku bakal berbagi pengalaman One Day Trip yang agak lebih jauh dari Kepulauan Seribu dan Bogor, yaitu di Pulau Sangiang yang terletak di Selat Sunda dan secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Serang, Banten.

Kalau kalian yang tinggal di Jabodetabek pernah terpikir untuk liburan tapi minim waktu dan teman, kalian bisa banget buat ikut One Day Trip ke Pulau Sangiang bersama Backpacker Jakarta (BPJ).

Sistemnya share cost, jadi termasuk ramah buat kantong. Selain itu, kalian bisa ketemu banyak temen baru yang sama-sama ngetrip bareng kalian! Jadi rameee loh!

Terus, pasti kalian terpikir, emang ada apa aja sih di Pulau Sangiang?

Eitss! Kalo kalian mau liburan cuma satu hari, bareng banyak temen, dan destinasi lengkap……Pulau Sangiang jawabannya!

Di Sangiang, kalian bisa mendapat paket lengkap liburan, mulai dari laut, pantai, mangrove, hutan, goa, hingga bukit!

Buat kalian yang BM alias Banyak Mau, tepat banget nihhh buat pilih Pulau Sangiang sebagai destinasi liburan satu hari.

1 Pasca Cover Edit.jpg

Tapi, gak seru kan kalo menikmati alam paket lengkap tersebut cuma sendirian? Nah makanya kalau kalian ODT di Sangiang bareng trip group, kalian juga bisa menikmati snorkeling, treking, hikking, dan pastinya foto-foto keren bareng teman-teman baru!

1. Memulai Perjalanan

2 Berangkat Edit.jpg

Sedikit mengulas perjalananku minggu lalu, jadi aku bersama teman-teman baru yang jumlahnya 50 orang memulai perjalanan ke Pulau Sangiang pukul 01.00 WIB dengan menggunakan bis.

Kemudian, kami tiba di Pelabuhan Paku Anyer pukul 04.00 WIB. Kalian gak usah khawatir karena di pelabuhan tersebut terdapat Masjid dan rumah makan, jadi sebelum berangkat kita solat dan makan bersama.

2. Menuju Dua Spot Snorkeling

Setelah briefing dan berdoa, kami pun menempuh perjalanan dengan menggunakan kapal dengan kapasitas 15-20 orang/kapal. Lalu, kami langsung menuju spot snorkling pertama yang ditempuh dalam waktu 1 jam menggunakan kapal.

3 Snorkeling Edit.jpg

Setelah satu jam snorkling, kami pun menuju spot snorkeling kedua yang tidak jauh dari spot pertama. Buat kalian yang mau snorkling, disini juga ada penyewaan alatnya jadi gak usah khawatir yap!

3. Hutan Mangroove Menuju Pulau Sangiang

Setelah snorkeling di dua spot, kalian akan menuju Pulau Sangiang untuk bersih-bersih dan makan siang sebelum melanjutkan petualangan.

Sepanjang jalan menuju Pulau Sangiang, kalian akan disuguhi oleh pemandangan hutan mangrove yang masih asri dan mirip-mirip seperti di Kalimantan!

4 hutan Mangroove SS.png

Kemudian, setibanya di Pulau Sangiang, terdapat kamar mandi dan Musholla. Jika sudah selesai mandi, solat, dan makan siang bersama, petualangan seru pun akan segera dimulai!

4. Tracking Menuju Goa Kelelawar dan Berjumpa dengan Hiu Putih!

Setelah solat dan makan siang bersama, kalian akan trekking di hutan menuju ke Goa Kelelawar.

5 Goa Kelelawar Edit.jpg

Eitss! Ini bukan sembarang Goa yang berisi Kelelawar saja.

Tapi dibawahnya, terdapat banyak ikan hiu  yang menunggu kelelawar tersebut jatuh untuk menjadi mangsa si hiu, loh!

Jika kalian beruntung, kalian pasti akan melihat banyak hiu  yang berenang di dekat kalian! Pastinya ini pengalaman yang langka bukan?

5. Puncak Begel ala-ala Nusa Penida

7 Puncak Begel Edit.jpg

Dari Goa Kelelawar, kami pun hiking menuju Puncak Begel. Disini, pemandangannya mirip seperti di Nusa Penida loh!

Spot foto disini juga sangat instagramable buat kalian lagi pengen nambah stok foto buat eksis di instagram.

Suara desiran ombak, angin, dan teriknya matahari melengkapi perjalanan mu disini!

8 Puncak Begel Edit.jpg

6. Bukit Harapan

Setelah dari Puncak Begel, kita akan kembali hiking menuju Bukit Harapan. Disini kalian bisa kembali berfoto, menikmati alam, dan juga beristirahat sejenak sembari berbincang dengan teman-teman baru kalian.

9 Bukit Harapan.jpg

7. Pantai Pasir Panjang

Selanjutnya, kita pun menuju Pantai Pasir Panjang, yang mana disana terdapat banyak batuan seperti di Banyuwangi ataupun Bali, loh!

10 Pantai Pasir Panjang.jpg

Namun, aku sempat sedih ketika sampai di Pantai Pasir Sepanjang ini, kita akan disuguhi pemandangan banyak sampah di pinggir pantainya.

Belum lagi disana terdapat pedagang yang menjual minuman dingin dengan gelas plastik sekali pakai.

11 Pantai Pasir Panjang Edit.jpg

Akan tetapi, ternyata cerita dibalik pemandangan sampah di pinggir pantai merupakan sisa tsunami akibat letusan Gunung Anak Krakatau tanggal 22 Desember 2018 kemarin.

12 Pantai Pasir Panjang Edit.jpg

13 Pantai Pasir Panjang Edit.jpg

Nah, setelah puas menikmati suara ombak bercampur hembusan angin dengan latar langit dan pepohonan, kami pun kembali trekking dan hiking menuju pelabuhan untuk kembali pulang.

14 Pulang Edit.jpg

Gimana? Seru kan ODT di Pulau Sangiang? tertantang untuk mencoba mengunjungi?

Eits! Terakhir, ada satu rahasia buat kamu yang tertarik buat ODT Paket Lengkap di Pulau Sangiang!

Jangan lupa bawa tumbler sendiri yaa untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai yang semakin mengotori lautan kita! 🌊

Editor : Annisa Dian N

Baca Juga:

Scroll to Top

Mau dapetin saldo e-Wallet GRATIS?

Klik tombol dibawah ini dan ikuti survey-nya! Menangkan saldo dompet digital sebesar Rp250.000 untuk 10 orang pemenang!