Hari Sumpah Pemuda 2021: Aksi Pemuda Indonesia Jaga Iklim

Hari Sumpah Pemuda: Aksi Muda Jaga Iklim

Aksi Muda Jaga Iklim digelar di 76 titik di Indonesia dalam  memperingati hari sumpah pemuda. Aksi Muda Jaga Iklim adalah gerakan bersama terutama anak muda dan masyarakat untuk menjaga kelestariannya ekosistem yaitu hutan hujan tropis, magrove, dan terumbu karang terhadap perubahan iklim.

Adapula 6 pesan penting dalam aksi ini yaitu jaga iklim dari rumah, jaga iklim dengan hijaukan bumi, jaga iklim dengan birukan laut, jaga iklim dengan green lifestyle, jaga iklim dengan ekspresi seni, dan jaga iklim dengan kolaborasi.

Dalam konferensi pers virtual yang dilaksanakan pada Rabu, 27 Oktober 2021, Bustar Maitar (CEO Yayasan EcoNusa) mengatakan,”dalam perlindungan sumber daya alam harus didorong terus untuk memperluas kesadaran akan bahaya krisis iklim di masa sekarang dan masa depan dan salah satu khususnya anak muda Indonesia sangatlah berperan penting bagi gerakan aksi Muda ini,”

Harapan 5 tahun kedepan mudah-mudahan hutan semakin hijau, dan bagaimana menularkan menjaga hutan, laut dan iklim kita.

Hari Sumpah Pemuda: Aksi Muda Jaga Iklim
Hari Sumpah Pemuda: Aksi Muda Jaga Iklim / foto: Sumardi Ariansyah

“Krisis iklim Menurut anak-anak muda sudah menjadi isu sangat penting seperti halnya plastik laut lebih banyak daripada ikan yang hidup di laut. Yuu bergerak untuk menjaga kebersihan laut kita karena isu iklim sebenarnya sudah sangat ekstrim. Kalau bukan kita siapa lagi tujuannya untuk kita untuk alam tentunya,” ujar Ester.

Kegiatan ini sebenarnya sudah dilakukan pada awal Oktober. Seperti halnya, melakukan penanaman pohon, gerebek sampah hingga aksi bersih pesisir pantai dan papan edukasi isu iklim yang terjadi pada saat ini.

Terkait penanganan sampah di laut sudah menjadi tanggung jawab kita bersama. Semua pemerintah bersama melakukan menangani kebersihan laut.

“Bahwa tahun 2020 adalah tahun terpanas di Asia termasuk Indonesia, merupakan rekor terbaru. Mari kita bersama menjaga dan melindungi hutan dan laut kita. Dan mari dukung bersama,” ujar Bustar Maitar.

Aksi Pemuda di Banggai Sulawesi Tengah
Aksi Pemuda di Banggai Sulawesi Tengah / foto: Acho Akina

Kegiatan yang bertepatan pada hari sumpah pemuda ini terdapat 3 titik utama yaitu dibagian Jakarta sebagai ibu kota, Makassar di bagian tengah dan Ambon di bagian timur. Salah satunya kegiatan yang dilakukan di DKI Jakarta salah satu bentuk aktivitasnya adalah menyebarkan 1.000 kg bibit kerang hijau di utara ibukota Jakarta atau di Ancol.

Aksi Muda Jaga Iklim dilakukan pada hari Kamis akan melibatkan 4.202 peserta untuk melakukan beberapa kegiatan seperti membersihkan sampah di pantai dan melakukan penanaman pohon mangrove dan menyebarkan bibit kerang.

Baca juga: Inisiatif Ocean Panel dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan dari Laut dan Perikanan Melalui Ekonomi Sirkular

Related Articles

Responses